Home Kesehatan Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Tanaman Lidah Buaya Bagi Tubuh

Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Tanaman Lidah Buaya Bagi Tubuh

10
0
SHARE
Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Tanaman Lidah Buaya Bagi Tubuh

Jakarta, BIZNEWS.ID -  Lidah buaya merupakan tanaman sukulen yang dipercaya memiliki banyak manfaat karena bersifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus. Belum lagi, lidah buaya juga kaya akan nutrisi, dan bisa dikonsumsi dalam makanan atau jus.

Tanaman ini pun dapat dicerna secara oral atau dioleskan, tergantung pada manfaat kesehatan yang dicari. Lebih lanjut, inilah yang perlu kita ketahui mengapa lidah buaya sangat bermanfaat dan bagaimana menggunakannya dengan aman dan efektif, yang dilansir dari laman Insider.

1. Meredakan sengatan matahari

Lidah buaya adalah salah satu pengobatan alami paling populer untuk meredakan sengatan matahari. Selain itu, tinjauan sistematis tahun 2007 terhadap empat penelitian kecil menemukan, bahwa lidah buaya bermanfaat untuk penyembuhan luka bakar tingkat pertama, kedua, dan mempersingkat waktu penyembuhan secara keseluruhan.

Penggunaan terbaik gel lidah buaya adalah langsung dari tanamannya karena lidah buaya botolan dapat mengandung zat pengurang rasa yakni lidocain yang dapat mengiritasi kulit. Untuk efek pendinginan lebih ekstra, simpan lidah buaya di lemari es dan gunakan gel dingin saat terbakar sinar matahari.

2. Mengurangi penyebab jerawat

Bersifat antiinflamasi dan antibakteri, lidah buaya berpotensi mengurangi bakteri penyebab jerawat dan meredakan kemerahan. Belum ada penelitian resmi terkait bagaimana lidah buaya memengaruhi jerawat, tetapi bahan ini masih memiliki manfaat bila digunakan bersamaan dengan perawatan lain.

Secara khusus, menggunakan lidah buaya dalam hubungannya dengan perawatan jerawat yantelah terbukti secara ilmiah, seperti retinoid, dapat membantu mengurangi iritasi pada perawatan jerawat dan melawan kekeringan pada kulit.

Faktanya, sebuah studi kecil tahun 2014 yang terdiri dari 60 peserta berjerawat ringan hingga sedang diberikan retinoid topikal saja atau retinoid topikal dengan lidah buaya.

Hasilnya, kombinasi dengan lidah buaya lebih efektif daripada hanya menggunakan retinoid saja dan menunjukkan kalau lidah buaya bermanfaat untuk jerawat dalam kasus-kasus tertentu.

3. Melembapkan kulit

Lidah buaya dapat melembapkan kulit dengan memicu produksi asam hialuronat, yang menghidrasi dan mengencangkan kulit. Gunakan lidah buaya dari tanaman atau buatlah gel tanpa banyak bahan tambahan untuk melembapkan kulit.

Sementara itu, untuk benar-benar mengunci hidrasi dari lidah buaya, kita bisa melembapkan sesudahnya dengan produk yang mengandung dimetikon, yang membantu kulit mempertahankan kelembapan.

4. Melancarkan pencernaan

Lidah buaya sangat bagus untuk usus, terutama jika kita mengalami masalah pencernaan. Mengonsumsi lidah buaya sebenarnya dapat membantu melindungi usus karena mengandung lendir.

Pendiri Essence Nutrition di Miami, Monica Auslander Moreno, MS, RDN mengatakan, lendir dapat menenangkan iritasi pada selaput lendir yang ada di usus, serta massa tinja, yang membantu orang dengan jenis sindrom iritasi usus besar.

Di samping itu, lidah buaya dapat memiliki efek pencahar yang bermanfaat bagi penderita sembelit. Namun, Moreno memperingatkan, bahwa mengonsumsi lidah buaya sedikit saja sudah cukup karena terlalu banyak bisa menyebabkan diare.

Sebuah studi kecil tahun 2013 menunjukkan, orang yang minum 30 ml jus lidah buaya dua kali sehari selama delapan minggu mengalami pengurangan gejala sakit perut, ketidaknyamanan, dan perut kembung.

5. Kaya nutrisi

Tanaman lidah buaya mengandung banyak nutrisi antara lain vitamin A, B12, C, E, asam folat, dan kolina. Jus lidah buaya yang dijual di sebagian besar supermarket merupakan cara termudah untuk mengonsumsi lidah buaya.

Moreno merekomendasikan agar mengonsumsi lidah buaya harus dimulai sedikit demi sedikit dan terus meningkat untuk memastikan tidak ada efek samping sebelum mengonsumsi dalam jumlah yang lebih besar.

Kemudian, perhatikan labelnya. Jika jus lidah buaya diberikan pemanis buatan, sebaiknya kita hindari dan pilihlah yang paling sehat. Demikian Kompas.com

Photo : google image