Home Kesehatan Berisiko Sebarkan Virus, Hindari 6 Permukaan Benda Ini!

Berisiko Sebarkan Virus, Hindari 6 Permukaan Benda Ini!

15
0
SHARE
Berisiko Sebarkan Virus, Hindari 6 Permukaan Benda Ini!

Jakarta, BIZNEWS.ID -  Virus corona Covid-19 bisa bertahan hidup dan menyebar melalui permukaan benda yang terkontaminasi. Karena itu, semua orang diimbau selalu mencuci tangan setelah menyentuh permukaan benda di tempat umum.

Tapi, banyak orang mungkin belum mengetahui permukaan benda yang paling banyak terkontaminasi virus corona. Penelitian Australia baru-baru ini membuktikan betapa sedikitnya yang orang ketahui tentang penularan virus corona Covid-19.

Karena, virus corona berpotensi menularkan selama berhari-hari dan berminggu-minggu dalam pengaturan suhu sedang. Ada pula kemungkinan bahwa apapun bisa meningkatkan risiko penularan virus corona.

Meski begitu dilansir dari Times of India, ada beberapa permukaan benda yang membawa risiko penularan virus corona lebih tinggi daripada lainnya, yakni:

1. Jendela di angkutan umum

Di era pandemi virus corona Covid-19 sekarang ini, semua orang harus berhati-hati saat menyentuh permukaan ketika berpergian menggunakan transportasi umum, seperti KRL dan bus.

Meskipun Anda sudah menerapkan jarak sosial ketika naik kendaraan umum, lebih baik tidak tidak menyentuh tiang dan jendela yang terbuat dari baja, kaca dan bahan serupa.

Karena, permukaan yang terbuat dari bahan itu bisa menjadi tempat yang baik bagi virus corona untuk berkembang biak di lingkungan bersuhu sedang.

2. Mata uang

Sebuah studi dari Australia menunjukkan bahwa virus corona Covid-19 berpotensi berkembang di uang kertas dan uang koin selama 28 hari. Ketika Anda memikirkan risiko penularan virus corona, pikirkan saja berapa kali Anda menyentuh uang yang berkaitan dengan tingkat risiko penularan.

3. Layar ponsel

Layar ponsel bisa menjadi satu-satunya pembawa infeksi terbesar dari bakteri, virus dan kuman. Apalagi jari-jari tangan kita yang sering memegang layar ponsel, tsering menyentuh berbagai permukaan termasuk di toilet.

Karena itu, kita harus berhati-hati dalam membersihkan permukaan yang penuh kuman, seperti layar ponsel, tablet, komputer atau laptop yang sering digunakan.

4. Ruang tunggu rumah sakit

Rumah sakit memiliki aturan pembersihan dan sanitasi yang ketat, terutama pada saat pandemi virus corona Covid-19. Tapi, satu tempat yang paling tidak aman adalah ruang tunggu rumah sakit.

Pikirkan berapa kali pengunjung memadati ruangan, datang dari luar atau keluar dan menularkan kuman mereka. Semakin tinggi langkah kaki, maka semakin tinggi pula risiko infeksi virusnya.

5. Layar dan tombol ATM

Mesin ATM juga salah satu permukaan yang memiliki banyak virus, bakteri dan kuman. Apalagi banyak orang yang menggunakan mesin ATM untuk mengambil uang.

Sebaiknya Anda membatasi kunjungan ke ATM dan menggantinya dengan transaksi online untuk mencegah risiko penularan virus corona Covid-19.

6. Peralatan stainless steel di dapur

Virus corona Covid-19 mungkin tidak bisa bertahan dalam panas tinggi. Tapi, peralatan baja yang sering digunakan bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman, termasuk virus corona Covid-19.

Setelah uang kertas, baja tahan karat bisa menjadi tempat kedua paling berisiko menularkan virus corona. Jika Anda memiliki peralatan ini di rumah, bersihkan secara rutin dan menyeluruh. Demikian Suara.com

 Photo : googe image