Home Lifestyle Strategi Komunikasi Bisnis Otomotif Sepeda Motor KTM dI Tengah Pandemi Covid 19

Strategi Komunikasi Bisnis Otomotif Sepeda Motor KTM dI Tengah Pandemi Covid 19

0
SHARE
Strategi  Komunikasi Bisnis Otomotif Sepeda Motor KTM dI Tengah Pandemi Covid 19

Jakarta, BIZNEWS. ID - Wabah Novel Coronavirus (COVID-19), yang berasal dari Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019, dengan cepat menyebarkan tentakelnya ke seluruh dunia dan memiliki dampak besar pada semua aspek masyarakat, termasuk bisnis dalam industri otomotif, seperti sepeda motor trail dengan merek KTM yang memiliki identitas merek yang berbeda dengan merek sepeda motor lainnya, seperti warna orange campuran kuning dan merah  motor yang memiliki makna lebih dari sekadar warna untuk KTM; dan juga merupakan filosofi perusahaan selama dua dekade sekarang.

Dalam dunia sepeda motor, KTM Orange memiliki arti yang sama dengan “Ferrari Red” untuk kendaraan bermotor, dan ketika pabrikan lain mengecat sepeda motor mereka dengan warna oranye, dunia sepeda motor hanya memikirkan KTM seperti gambar di bawah ini:


PT PMA sebagai importir produk motor dengan merek KTM mengemukakan bahwa Produksi sepeda motor KTM untuk sementara akan ditangguhkan karena krisis COVID-19 yang sedang berlangsung. Hal ini mengacu pada kebijakan  Pierer Mobility Group, perusahaan induk KTM, mengumumkan tanggapannya terhadap wabah coronavirus dalam sebuah pernyataan.

“This measure is triggered by a possible impending interruption in the supply chain from Northern Italy,” the statement reads. “Many suppliers are located in this region, which is badly affected by the coronavirus. With this measure, KTM avoids a possible uncontrolled business interruption and anticipates parts of the company vacation in the summer to stabilize the supply chain in the long term.”

Pernyataan itu juga mengungkapkan bahwa distribusi dan pasokan suku cadang di seluruh dunia tidak akan terpengaruh oleh pengukuran. "Ketersediaan semua model dijamin untuk awal musim yang akan datang di jaringan dealer di seluruh dunia," 

Di samping itu, menurut laporan berita terbaru menurut CEO PT PMA, merek sepeda motor Austria KTM  menutup sementara pabriknya dan sekarang sudah beroperasi Kembali walau pun belum full  di Mattighofen di tengah pandemi Coronavirus yang paling parah memukul Eropa. Menurut KTM, penutupan sementara pabrik tidak diharapkan mempengaruhi penjualan dan pengiriman KTM, itu akan mempengaruhi rencana bisnis merek sepeda motor Austria untuk sisa tahun 2020. Penutupan pabrik sementara Mattighofen di Austria, adalah langkah untuk tidak hanya menghentikan penyebaran virus, tetapi juga untuk mengurangi kemungkinan gangguan dari rantai pasokan bahan dari Italia utara, suatu daerah yang terkunci total saat memerangi pandemi.

Berdasarkan kondisi di atas, bisnis otomotf KTM yang dijalankan oleh PMA tetap berjalan dengan menciptakan strategi komunikasi bisnis di tengah krisis saat ini,  dalam situasi yang bergerak cepat dan tidak menentu. Sebagai seseorang yang mempelajari komunikasi krisis, perlu berkomunikasi dengan pelanggan selama krisis. Bahkan  berusaha memahami sejauh mana masalah itu, jujur ​​dan terbuka untuk mempertahankan kredibilitas. Pendekatan komunikasi dalam  situasi krisis ini adalah dengan empati dengan pendekatan komunikasi persuasif. Strategi  komunikasi bisnis yang dibangun adakah komunikasi yang sifatnya internal dan eksternal, sebagai berikut:

Langkah 1: Membuat Tim untuk Komunikasi Terpusat

Komunikasi yang terdesentralisasi dapat dimengerti dan bahkan diinginkan dalam organisasi yang besar dan kompleks. Tetapi dalam situasi darurat atau bergerak cepat, Anda memerlukan tim penanggulangan krisis. Dengan coronavirus, kita melihat ini terjadi di semua tingkatan yang terjadi di Indonesia. Tim dibangun dengan melibatkan tim kepemimpinan, PR, Marketing Manajer, SDM/ 

Langkah 2 : Komunikasi dengan karyawan 

Dilakukan dengan memposting informasi secara teratur di lokasi yang sangat terlihat. Ini bisa berupa lokasi fisik atau email virtual, intranet perusahaan, atau saluran Slack atau Facebook. Lalu menjelaskan bagaimana keputusan dibuat tentang masalah seperti perjalanan, bekerja dari rumah, dll dan berkomunikasi setiap hari untuk memberikan infirmasi yang tepat waktu 

Langkah 3: Berkomunikasi secara teratur dengan Pelanggan

Pelanggan memerlukan pendekatan yang berbeda dari karyawan karena perusahaan tidak memiliki akses atau frekuensi yang sama dengan yang lain. Fokus pada apa yang penting bagi pelanggan. Misalnya, Target mengirimkan catatan dari CEO kepada pelanggan, yang menjelaskan prosedur kualitas layanan. Hal ini penting karena berkaitan dengan  kebijakan yang diambil oleh Pierer Mobility Group bahwa telah mengumumkan bahwa mereka akan memperpanjang jaminan dan layanan gratis untuk semua modelnya hingga 30 Juni 2020. Dengan penguncian Coronavirus saat ini, KTM mengharapkan lonjakan di pusat layanannya dan karenanya, memperpanjang garansi dan melayani hingga akhir Juni 2020. Ini berlaku untuk semua pelanggan KTM yang jaminan dan layanan gratisnya berakhir pada bulan Maret, April atau Mei 2020.

Langkah 4: Yakinkan Pemegang Saham

Epidemi telah menciptakan gejolak hebat di pasar keuangan dalam dua minggu terakhir dan mengubah apa yang merupakan pasar yang luar biasa menjadi potensi resesi, PMA memiliki tanggung jawab khusus untuk mengkomunikasikan dampak virus pada operasi mereka sesuai kondisi keuangan.

Langkah 5: Bersikap Proaktif dengan Komunitas

Apa yang terjadi di dalam organisasi di sekitar coronavirus memengaruhi semua orang di komunitas di sekitar mereka. Setidaknya organisasi harus melakukan yang terbaik untuk memastikan tindakan mereka tidak berdampak negatif terhadap anggota komunitas untuk meningkatkan hubungan dengan komunitas lokal tempat PMA beroperasi, misalnya menyediakan sumber daya seperti memberikan bantuan persediaan atau makanan untuk mereka yang berada di karantin dan memberikan informasi kepada media lokal untuk membantu menenangkan komunitas dan juga meningkatkan kredibilitas PMA.

Saluran komunikasi yang digunakan dalam melaksanakan strategi komunikasi bisnis sepeda motor merek KTM tersebut  adalah saluran komunikasi digital, media social, pemasaran melalui video marketing. Penggunaan platform online yang banyak dan sumber daya digital yang tersedia dan temukan yang terbaik untuk bisnis sepeda motor merek KTM. Manfaatkan teknik ini untuk berkomunikasi dengan rencana yang tulus dan jelas yang akan membantu pelanggan tetap terhubung dengan PMA  dan menjaga kepercayaan dan kepercayaan dalam bisnis yang digeluti oleh PMA. Yang terpenting dari semua ini, PMA telah mendistribusi dan pasokan suku cadang di seluruh dealer di seluruh dunua, termasuk di Indonesia "Ketersediaan semua model sepeda motor dengan merek KTM dengan mengacu pada kebijakan Pierer Mobility Group dan diharapkan bisnis ini lancer dalam situasi komunikasi krisis pandemic corona

Strategi komunikasi yang dibangun tersebut diharapkan dapat memperlancar bisnis sepeda motor dengan merek KTM di tengah wabah corona  sehingga citra PMA tetap terjaga dengan baik 

Oleh:

Poppy Ruliana adalah dosen senior di STIKOM InterStudi dan juga peneliti dalam bidang komunikasi dan Public Relations

Mahrani adalah CEO PT PMA dan Mahasiswi kelas Eksekutif STIKOM InterStudi 

Referansi :

https://hbr.org/2020/03/communicating-through-the-coronavirus-crisis

https://www.cobizmag.com/Business-Insights/How-to-maintain-business-communication-connection-in-the-wake-of-coronavirus/