Home Lifestyle 6 Tempat Ini Berisiko Tinggi Penularan COVID-19

6 Tempat Ini Berisiko Tinggi Penularan COVID-19

0
SHARE
6 Tempat Ini Berisiko Tinggi Penularan COVID-19

Jakarta, BIZNEWS.ID - Penyebaran virus COVID-19 bisa terjadi di mana saja, terutama di tempat umum atau keramaian. Hal ini membuat para pakar kesehatan menyarankan untuk menghindari tempat-tempat ramai dan punya ventilasi udara yang buruk selama pandemi.

Dari sekian banyak tempat umum, ternyata ada 6 tempat yang berisiko tinggi COVID-19 lho, Insertizen. Yuk hindari 6 tempat ini untuk meminimalisir penularan COVID-19, seperti dilansir dari HuffPost.

1. Tempat Rapat

Tempat rapat atau tempat pertemuan sosial bisa berisiko tinggi menjadi pusat penularan virus. Namun, risiko penularan ini bergantung pada orang-orang yang berada di dalamnya. Ahli dalam pemodelan COVID-19 Anna Bershteyn menyebut jika di dalam perkumpulan terdapat orang yang terinfeksi maka sangat mungkin bisa menularkan virus pada orang lain.

"Namun, ketika kasus di suatu daerah sangat tinggi, pertemuan yang relatif kecil pun bisa berisiko signifikan untuk menyebabkan penularan virus Corona," tegas Bershteyn.

2. Restoran dan Bar

Restoran dan bar memang identik dengan keramaian. Tak heran jika kedua tempat ini menjadi salah satu yang berisiko tinggi. Apalagi jika kedua tempat tidak secara ketat menerapkan protokol kesehatan.

Meski begitu, Bershteyn mengatakan mungkin tidak semua memiliki risiko yang sama. Menurutnya, risiko penularan bisa lebih rendah jika lokasi keduanya berada di luar ruangan yang diberikan jarak yang luas, antara satu pengunjung dengan pengunjung lainnya.

3. Gym

Sebuah studi baru yang mengevaluasi data transmisi COVID-19 menemukan bahwa tempat gym menjadi tempat paling berisiko kedua dalam penularan virus, setelah restoran.

Hal ini mengingat di dalam tempat gym, kebanyakan orang akan kelelahan setelah berolahraga. Akibatnya, mereka biasanya mengeluarkan droplet dari pernapasan ke ruangan tersebut. Jika ventilasi udara dalam tempat gym kurang baik, droplet itu akan terus berada di udara selama berjam-jam dan kemudian terhirup oleh orang lain.

4. Tempat Ibadah

Saat bepergian mungkin sebagian dari Insertizen sering singgah ke tempat ibadah. Tapi hati-hati ya, karena ternyata tempat ibadah juga bisa berisiko tinggi menularkan COVID-19. Saat ke tempat ibadah, pastikan selalu jaga jarak atau membawa peralatan ibadah sendiri. Hal ini guna mengurangi risiko penularan.

5. Tempat Kerja

Klaster kantor memang sering kali disebut jadi tempat penularan dengan risiko tinggi. Namun, hal ini tentunya tidak terjadi pada seluruh kantor. Dalam hal ini, ada beberapa jenis kantor yang berisiko tinggi seperti pabrik dan gudang.

"Kami telah melihat datanya dan sudah pasti terjadi (penularan) terutama pada industri di mana orang-orang berada dalam jarak yang dekat satu sama lain, dan karena suara keras mesin membuat mereka harus berbicara dengan cara berteriak," jelas Bershteyn.

6. Toko

Sebuah studi dari Boston juga menemukan pekerja di toko kelontong memiliki risiko yang besar tertular virus Corona. Ini karena mereka harus berinteraksi dengan begitu banyak pelanggan.

Oleh karena itu, para ahli menekankan di mana pun Insertizen pergi cobalah untuk membatasi waktu yang harus dihabiskan bersama orang lain yang berpotensi menyebabkan penularan virus.

Nah, itu dia keenam tempat yang berpotensi tinggi terhadap virus COVID-19. Oleh karena itu, sangat penting bagi Insertizen untuk selalu #ingatpesanibu yakni 3M, #pakaimasker saat bepergian, selalu #mencucitangan, serta #menjagajarak dengan orang sekitar selama pandemi. Demikian Insertlive  

Photo : google image