Home Kesehatan 5 Menu Sarapan Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes

5 Menu Sarapan Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes

5
0
SHARE
5 Menu Sarapan Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes

Jakarta, BIZNEWS.ID - Diabetes adalah penyakit gaya hidup di mana bisa sangat dipengaruhi oleh makanan yang Anda santap. Oleh karena itu, cara paling efektif untuk mengendalikan diabetes adalah dengan mengontrol pola makan.

Melansir dari Healtshots ada beberapa menu sarapan yang dikenal sehat namun perlu Anda hindari untuk mengontrol kadar gula diabetes, antara lain:

1. Sereal manis

Jika menurut Anda sereal adalah pilihan sarapan yang sehat, maka Anda salah. Jika Anda penderita diabetes maka Anda harus membaca label bahan sebelum membeli sereal apapun. Jika tinggi gula, maka jauhi.

Selain itu, sebagian besar sereal juga rendah protein. Sebagai gantinya, cobalah merendam oat semalaman dan makanlah semangkuk oat tersebut keesokan harinya dengan biji-bijian dan kacang-kacangan.

2. Jus buah

Jus buah memang umumnya dikenal sehaat, namun jika Anda penderita diabetes maka hindari minuman ini untuk sarapan. Jus buah dapat meningkatkan kadar gula darah dengan sangat cepat karena mengandung kadar gula alami yang tinggi. Daripada minum jus buah, cobalah untuk makan buah dalam keadaan utuh.

3. Yoghurt berperasa

Meskipun yoghurt dikenal sehat dan menawarkan banyak manfaat kesehatan, namun Anda harus menghindari yoghurt dengan varian rasa dan pemanis.

Yoghurt berperasa sarat akan tambahan gula dan pengawet yang dapat meningkatkan gula darah Anda. Pilihlah yoghurt plain kemudian tambahkan potongan buah.

4. Pancake

Komposisi tepung, sirup maple, dan mentega menjadikan pancake sebagai salah satu makanan yang harus dihindari untuk penderita diabetes. Karbohidrat dan gula dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah. Pancake juga minum serat dan protein.

5. Smoothie

Bahan yang paling sering digunakan dalam smoothie adalah yogurt beku, buah-buahan, dan sirup manis. Bahan-bahan ini dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Selain itu, smoothie juga mengandung banyak karbohidrat dan minim protein. Demikian suara.com

Photo : google image



Video Terkait: