Home Kesehatan Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Hujan

Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Hujan

19
0
SHARE
Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Hujan


Jakarta, BIZNEWS.ID -  Banyak hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan anak. Pembelajaran jarak jauh adalah salah satu yang dialami oleh anak sejak pandemi dimulai.

Namun, ada beberapa tips lain untuk menjaga kesehatan anak di musim hujan dan flu seperti saat ini, seperti dilansir dari purewow.com. Penasaran?

1. Membeli sabun tangan yang disukai anak

Mencuci tangan menjadi cara yang terbukti dapat membunuh kuman dan menjaga kesehatan, sehingga mengapa tidak membuat aktivitas itu lebih menyenangkan untuk anak? Biarkan anak memilih aroma atau tekstur sabun tangan favorit mereka agar lebih rajin mencuci tangan.

2. Mengikuti cara orang Norwegia

Menghabiskan waktu lebih lama di alam terbukti baik untuk kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sistem kekebalan sebenarnya berfungsi lebih baik setelah kamu menghabiskan waktu di luar ruangan.

3. Mendapatkan vaksinasi flu

Vaksin flu adalah salah satu tindakan pencegahan terbaik yang dapat kamu lakukan untuk keluarga di musim hujan ini. Vaksin flu direkomendasikan untuk semua orang yang berusia di atas 6 bulan, terutama anak.

4. Tidur yang cukup

Salah satu cara paling efektif untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar berfungsi dengan baik adalah tidur yang cukup. Kekurangan tidur dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi.

5. Tetap terhidrasi

Tetap terhidrasi dapat membantu menjaga kulit dan selaput lendir tetap lembap, yang berarti lebih sedikit area terbuka tempat masuknya patogen dan menyebabkan infeksi.

6. Mengobati batuk dengan madu

Madu dikenal memiliki khasiat anti radang, telah terbukti dapat mengurangi gejala batuk pada anak. Madu juga dapat membantu menjaga gejala tetap ringan, sementara sistem kekebalan bekerja.

7. Jangan terlalu fokus pada termometer

Demam pada orangtua dan anak yang cenderung sehat biasanya justru menjadi pelindung untuk melawan penyakit. Jika anak dengan usia di bawah 3 bulan mengalami demam, sebaiknya segera hubungi dokter.

8. Memiliki rencana

Anak seringkali sakit di waktu yang tidak tepat. Cari tahu cara terbaik untuk menghubungi dokter anak dan bersiaplah jika anak mengalami gejala yang memburuk.

9. Jangan lupakan masker

Manfaat masker sangat penting dalam menghentikan penyebaran virus Corona. Usahakan anak selalu merasa nyaman mengenakan masker. Demikian Fimela.com

Photo : google image