Jakarta, BIZNEWS.ID - Perkembangan teknologi membawa pengaruh yang luar biasa yang dampaknya menyasar ke semua bidang termasuk industri media. Semua media berlomba untuk survive dengan melakukan berbagai terobosan agar tetap bisa dinikmati oleh para pembaca atau pemirsanya. Salah satu yang dilakukan adalah konvergensi media.
Konvergensi media yang dilakukan hampir seluruh media di Indonesia berakibat pada banyak penyesuaian termasuk bagaimana media harus berkompetisi untuk mendapatkan iklan dari para sponsor. Fenomena menarik ini akan menjadi topik bahasan dalam webinar yang akan digelar pada tanggal 20 November 2021 oleh tiga kampus sekaligus yaitu Universitas Subang Jawa Barat, STIKOM InterStudi Jakarta dan STIE Bisnis Indonesia Jakarta.
"Mengusung tema Era Konvergensi Media dan Iklan 5.0, Kolaborasi Kuliah Umum 3 Kampus Merdeka akan mengupas bagaimana strategi media dalam melakukan kovergensi media tanpa harus kehilangan kue iklan nya dan bagaimana sudut pendang para pengiklan terhadap konvergensi media ini," ujar Kepala Divisi kemitraan Interstudi Jakarta, Danang Sangga Buana, SE, M.Si di Jakarta, 18/11/2021.
Lebih lanjut ia mengatakan di era konvergensi media, para pebisnis media diharuskan memiliki kreativitas dalam mengcreate media tradisionalnya menjadi media yang modern mengikuti perkembangan jaman yang serba cepat. Perubahan jenis media membahwa pengaruh kepada kemauan para pengiklan untuk menggunakan media-media tersebut sebagai sarana promosinya.
Menurut Danang, meyakini media cetak, online dan media elektronik akan terus hidup bahkan jika dikelola dengan baik justru akan saling bersinergi untuk menyampaikan informasi yang beragam dan kaya. Selain itu masing-masing media juga memiliki segmen dan pangsa pasarnya masing-masing. "Yang menjadi pertanyaan utama apakah para pemasang iklan sebagai nafas para media ini siap dengan konvergensi media ini?, lanjut mantan anggota Komisi Penyiaran Indonesia ini.
JUrnalis senior ini mengatakan Konvergensi media telah memberikan angin baru bagi dunia jurnalistik, banyak media yang berkolaborasi dengan memberikan informasi yang sangat menarik dan tentunya juga sangat informatif. "Konvergensi media membuat beberapa media cetak dituntut hadir sebagai media elektronik yang tentunya sangat bermanfaat bagi khalayak yang haus akan sebuah informasi," tandasnya
Acara webinar ini akan menghadirkan beberapa narasumber yang sangat berkompeten diantaranya Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kemenenterian Komunikasi dan Informatika Dr. Ismail, Praktisi Public Relation dan Lecturer InterStudi Suhendra Atmaja, S.Sos, MS.i, HRD Manager SCTV Ika Latunida dan Ketua Yayayan Harapan Pemuda Indonesia Laila Nihayati. (Red)
LEAVE A REPLY