Home Jalan-jalan Sandiaga Ingin Kembangkan Wisata Kemanusiaan

Sandiaga Ingin Kembangkan Wisata Kemanusiaan

0
SHARE
Sandiaga Ingin Kembangkan Wisata Kemanusiaan

Jakarta, BIZNEWS.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pihaknya ingin mengembangkan sekaligus juga memperluas adanya destinasi wisata kemanusiaan. Wisata kemanusiaan, menurut dia, bisa dilakukan lewat kerja sama dengan sejumlah pihak. Salah satunya dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dengan mengadakan donor darah.

"Bekerja sama dengan PMI, kegiatan donor darah nantinya bisa diaktivasi di berbagai destinasi Tanah Air," kata Sandiaga dalam keterangan resmi Kemenparekraf, Jumat (1/1).

Ia mengatakan, paket wisata kemanusiaan bisa dikemas dengan menarik. "Misalnya seperti Bali ada paket wisata dimana masyarakat datang ke satu resort dengan penerapan protokol yang ketat dan disiplin, di situ juga bisa berdonor darah," katanya menambahkan.

Ia mengatakan, kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dari dampak pandemi Covid-19 hanya bisa dilakukan jika sisi kesehatan juga dapat teratasi. Dalam kegiatan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, protokol kesehatan harus dilakukan ketat dan disiplin yang betul-betul mengacu pada arahan dari tim kesehatan.

"Inovasi, apapun kegiatannya untuk tetap bisa survive kita harus dapat berinovasi. Saya minta para pengusaha di sektor parekraf untuk dapat berinovasi, bagaimana kita bisa beradaptasi dengan protokol kesehatan dan kolaborasi, seperti yang kita lakukan hari ini dengan PMI," kata Sandiaga.

Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendy, mengatakan, pihaknya siap mendukung dan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam melakukan kegiatan bersama di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. "Misalnya adalah wisata kemanusiaan yang ke depan akan kita sama-sama laksanakan. Khususnya dalam penanganan COVID-19 termasuk donor plasma dari penyintas Covid-19," kata Rustam. Demikian Republika.co.id

Photo : google image