Home Kesehatan Perokok Lebih Rentan Terinfeksi COVID-19, Ini Alasannya

Perokok Lebih Rentan Terinfeksi COVID-19, Ini Alasannya

15
0
SHARE
Perokok Lebih Rentan Terinfeksi COVID-19, Ini Alasannya

Jakarta, BIZNEWS.ID - Di tengah pandemi COVID-19, masyarakat dianjurkan untuk melakukan protokol kesehatan 3M, yakni menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, dan memakai masker. Akan tetapi, protokol itu tampaknya sedikit dirasa lebih berat bagi para perokok.

Diungkapkan, dokter spesialis jantung dr. Vito Anggarino Damay, dalam kesehariannya perokok lebih sering melepas masker di tempat-tempat ramai untuk mengisap rokok. Saat mereka melepas masker dan berkerumun, kemungkinan untuk terpapar virus akan meningkat.

Para perokok juga rentan terpapar virus yang menempel di tangan dan mudah masuk ke saluran pernapasan. Lebih lanjut Vito menyebutkan COVID-19 adalah penyakit yang menyerang paru-paru.

Kebiasaan merokok dapat merusak fungsi paru-paru dan menurunkan kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, saat perokok terinfeksi COVID-19, mereka lebih susah dalam memerangi virus asal Wuhan ini.
Baca Juga : Benarkah Perokok Lebih Rentan Tertular COVID-19?

Ia juga memaparkan bukti-bukti yang menunjukkan perokok memiliki tingkat kematian dan keparahan yang lebih tinggi dibandingkan pasien COVID-19 yang bukan perokok.

Bahaya dari rokok ini juga tidak hanya mengintai perokok aktif, melainkan orang-orang di sekitar yang menjadi perokok pasif. Asap rokok berpotensi menurunkan kekebalan tubuh sehingga rentan terpapar penyakit.

"Yang paling kasihan perokok pasif. Karena mereka ini adalah bukan penikmat rokok tapi terkena imbas dari asapnya yang terhirup secara tidak langsung," ungkap dr. Vito dikutip dari laman covid19.go.id.

"Walaupun memang yang paling berat adalah perokok itu sendiri, karena pada asapnya itu ada sel-sel radang yang menyebabkan kemampuan pertahanan tubuh kita berkurang. Sehingga saat terinfeksi virus dan penyakit-penyakit lain, lebih gampang terserang," .

Untuk menghindari risiko terpapar COVID-19, perokok diimbau untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan berhenti merokok dan rutin beraktivitas fisik. Hal itu juga berlaku bagi orang-orang yang memiliki penyakit komorbid, seperti penyakit jantung dan paru-paru.

Oleh karena itu sangat penting untuk selalu Ingat Pesan Ibu dalam menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan secara berkala menggunakan sabun. Demikian InsertLive

Photo : google image