Home Jalan-jalan KAI Daop 6 Catat Lonjakan Penumpang pada Awal Ramadan, 64.159 Orang Gunakan Kereta

KAI Daop 6 Catat Lonjakan Penumpang pada Awal Ramadan, 64.159 Orang Gunakan Kereta

Angkutan Lebaran 2025

0
SHARE
KAI Daop 6 Catat Lonjakan Penumpang pada Awal Ramadan, 64.159 Orang Gunakan Kereta

Keterangan Gambar : Sejumlah penumpang di dalam kereta api jarak jauh dari Stasiun Yogyakarta.

Biznews.id - Yogyakarta - Pada periode awal Ramadan 2025, sejumlah masyarakat yang menjalani ibadah puasa bersama keluarga di kampung halaman mengandalkan moda transportasi kereta api. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta mencatatkan angka penumpang yang signifikan pada layanan kereta api jarak jauh (KA JJ) antara 28 Februari hingga 2 Maret 2025.

Menurut data yang diterima, pada tanggal 28 Februari tercatat 28.681 penumpang, sedangkan 1 Maret jumlah penumpang turun menjadi 16.968. Namun, pada 2 Maret, angka penumpang kembali meningkat dengan total 18.510 orang.

Secara keseluruhan, KAI Daop 6 Yogyakarta melayani 64.159 pelanggan dalam periode tersebut, dan jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah karena penjualan tiket masih berlangsung hingga keberangkatan kereta api terakhir.

Tradisi Mudik Ramadan

Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih, menjelaskan bahwa tren peningkatan jumlah penumpang jelang Ramadan bukanlah hal yang baru.

"Pulang kampung untuk menjalani ibadah puasa bersama keluarga sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia, terutama pada awal bulan Ramadan," kata Feni.

Ia juga menambahkan bahwa tingginya angka penumpang pada awal Ramadan  menunjukkan tradisi masyarakat untuk melaksanakan puasa pertama di kampung halaman bersama keluarga, masih terjaga.

Feni menjelaskan bahwa KAI Daop 6 telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, mulai dari kesiapan operasional, sarana, dan prasarana, hingga peningkatan fasilitas.

"Kami terus melakukan inovasi dan menerapkan program berkelanjutan untuk meningkatkan kenyamanan perjalanan selama periode Ramadan dan Angkutan Lebaran," ujarnya.

Fasilitas dan Layanan Pemesanan Tiket

Untuk meningkatkan kenyamanan perjalanan, KAI Daop 6 Yogyakarta mendorong masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas-fasilitas modern yang tersedia. Feni mengimbau penumpang untuk menggunakan sistem pemesanan tiket secara online yang dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI dan situs web kai.id.

Selain itu, Feni juga mengingatkan pelanggan untuk memanfaatkan fasilitas e-boarding dan face recognition boarding gate yang dirancang untuk membuat proses check-in semakin cepat, praktis, dan efisien.

"Kami juga menyediakan fasilitas water station di beberapa stasiun untuk mendukung pengurangan penggunaan botol plastik, sekaligus meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan pelanggan," tambahnya.

Untuk memastikan perjalanan tidak terganggu, KAI Daop 6 mengimbau masyarakat yang akan bepergian selama Ramadan untuk merencanakan perjalanan lebih awal. Pemesanan tiket sudah dapat dilakukan hingga 45 hari sebelum keberangkatan.

Penjualan Tiket KA Lebaran 2025 terus Meningkat

Selain persiapan untuk Ramadan, KAI Daop 6 Yogyakarta juga mencatatkan angka penjualan tiket yang signifikan untuk Angkutan Lebaran 2025. Selama masa angkutan Lebaran yang berlangsung dari 21 Maret hingga 11 April 2025, hingga 2 Maret 2025, tercatat sebanyak 170.673 tiket KA jarak jauh telah terjual.

Feni mengungkapkan bahwa penjualan tiket tertinggi terjadi pada masa arus balik Lebaran, terutama pada Jumat, 4 April, yang terjual sebanyak 16.341 tiket, dan pada Minggu, 6 April, tercatat sebanyak 16.117 tiket terjual.

"Untuk masa arus mudik Lebaran, tiket masih cukup tersedia. Kami harap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memesan tiket lebih awal," ujarnya.

KAI Daop 6 juga mengingatkan masyarakat untuk membeli tiket melalui aplikasi Access by KAI atau situs web kai.id untuk menghindari potensi penipuan serta memastikan kenyamanan dan keamanan perjalanan.

Feni menambahkan bahwa calon pelanggan dapat menggunakan fitur Connecting Train yang tersedia di aplikasi untuk menemukan alternatif perjalanan jika tiket pada kereta yang diinginkan sudah habis.

Sistem Pemesanan Tiket Mudah dan Aman

Penjualan tiket untuk perjalanan pada masa Lebaran 2025 sudah dimulai sejak pukul 00.00 WIB, H-45 untuk keberangkatan. Tiket dapat diperoleh melalui aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, serta mitra resmi penjualan tiket seperti Online Travel Agent (OTA).

Dengan berbagai upaya peningkatan layanan dan fasilitas yang disediakan, KAI Daop 6 optimistis dapat memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi masyarakat selama periode Ramadan dan Angkutan Lebaran 2025.(Dens)

Tag: #AngkutanLebaran2025, #MudikRamadan2025, #KAIYogyakarta, #PemesananTiketKereta, #FasilitasKAI,