Home Gabut Inilah Lima Mitos dan Fakta Malam 1 Suro

Inilah Lima Mitos dan Fakta Malam 1 Suro

39
0
SHARE
Inilah Lima Mitos dan Fakta Malam 1 Suro


Jakarta, BIZNEWS.ID - Momen malam menjelang 1 Muharam oleh masyarakat Jawa disebut juga dengan malam satu Suro. Malam 1 Suro pun dianggap sakral oleh masyarakat Jawa. Maka dari itu, banyak ritual dan tradisi yang dilakukan untuk menyambut malam sakral tersebut.

Tidak hanya melakukan beberapa ritual dan tradisi, banyak juga mitos dan fakta yang menyelimuti Malam Satu Suro ini. Apa saja? Berikut lima mitos dan fakta terkait Malam 1 Suro, dilansir VIVA dari berbagai sumber.

Dilarang mengadakan pesta pernikahan

Menikahkan anak pada bulan Suro sangat ditentang oleh budaya Jawa. Jika tetap dilakukan, dipercaya keluarga tersebut akan mendapat kesialan. Selain pernikahan, pesta-pesta lainnya seperti sunatan dan lain-lain juga dilarang. Dan mitos ini masih dipercaya sampai sekarang.

Tidak boleh keluar rumah

Saat Malam 1 Suro, masyarakat Jawa memercayai bahwa mereka tidak boleh keluar rumah. Jika dilanggar, mereka percaya hal buruk atau kesialan akan menimpa mereka.

Pindah rumah


Selain enggak boleh keluar rumah, mitos lain yang dipercaya saat Malam 1 Suro adalah tidak boleh pindah rumah. Ya, dalam primbon masyarakat Jawa, ada yang disebut sebagai hari baik dan hari buruk. Nah, pada Malam Satu Suro ini, sebagian orang percaya untuk tidak pindah rumah, karena dianggap bukan hari baik. Padahal, dalam Islam, semua hari adalah baik.

Banyak makhluk halus bergentayangan

Salah satu mitos yang mengerikan adalah akan banyak makhluk halus bergentayangan pada Malam 1 Suro. Konon, Malam 1 Suro ini identik dengan pestanya makhluk halus, sehingga mereka akan keluar di malam yang dikeramatkan ini. Namun, ini hanya mitos belaka, kamu tidak harus memercayainya.

Arwah leluhur akan kembali ke rumah

Meski sudah tidak berkembang luas, namun beberapa kalangan masih meyakini bahwa di Malam 1 Suro, arwah leluhur mereka akan pulang ke rumah. Makanya, ada larangan untuk keluar rumah pada Malam 1 Suro untuk menyambut arwah leluhur yang datang.
 

Photo : google image