Home Hukum Bebas Murni, Baasyir Tinggalkan Lapas Gunung Sindur

Bebas Murni, Baasyir Tinggalkan Lapas Gunung Sindur

0
SHARE
Bebas Murni, Baasyir Tinggalkan Lapas Gunung Sindur

Bogor, BIZNEWS.ID - Terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Baasyir resmi bebas murni dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, pada Jumat (8/1). Bersama rombongannya, Abu Bakar Baasyir bertolak dari Bogor menuju Solo sekitar pukul 05.21 WIB.

Pihak Lapas Gunung Sindur, menyerahkan Abu Bakar Baasyir ke pihak keluarga dan penasihat hukum di pintu serah terima. Selain rombongan beberapa mobil keluarga dan tim pengamanan, terdapat mobil ambulans yang sempat memeriksa kesehatan pria berusia 82 tahun itu sebelum pulang dari Lapas. Namun, tidak tampak pendukung dari Abu Bakar Baasyir hadir di sana.

Putra Abu Bakar Baasyir, Abdul Rokhim mengatakan, ayahandanya memang dijemput oleh rombongan dengan menggunakan ambulans. Namun, dia tidak bisa menyebutkan di mobil mana posisi ayahnya saat ini.

“Ya rombongan. Di antara rombongan ada ambulans. Sekarang saya belom bisa kasih tau, pokoknya ada di salah satu dari kendaraan. Mohon maaf,” kata Abdul ketika dihubungi Republika, Jumat (8/1).

Dia mengatakan, rombongan penjemput ayahnya langsung berangkat menuju ke Solo. Sepanjang perjalanan, ada pengamanan dari kepolisian, Densus 88, dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

“Ada pengamanan dari pihak polisi, dan juga kita bersama kita ada dari Densus dan BNPT,” tuturnya.

Sebelum bertolak ke Solo, Abdul menuturkan, Abu Bakar Baasyir sempat menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh petugas-petugas di Lapas Gunung Sindur. Terutama, untuk Kalapas Kelas IIA Gunung Sindur, Mujiarto.

“Beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh petugas-petugas di Lapas. Khususnya Pak Kalapas, selama ini, kalau tadi bahasanya mungkin ‘agak direpotkan’,” kata Abdul menceritakan tentang ayahnya.

Dia menambahkan, sebelum berangkat dari Lapas Gunung Sindur, kesehatan Abu Bakar Baasyir sempat diperiksa oleh MER-C. Dari hasil pemeriksaan tersebut, Abu Bakar Baasyir dinyatakan sehat.

“Sehat alhamdulillah. Tadi kan sebelum berangkat ada pemeriksaan sekilas oleh tim dokter yang bersama dengan kita,” pungkasnya. Demikian Republika.co.id

Photo : DW.com