Home Sport 40 Tahun Berkiprah, HRI Targetkan Prestasi di ITCR Mandalika

40 Tahun Berkiprah, HRI Targetkan Prestasi di ITCR Mandalika

Otomotif

0
SHARE
40 Tahun Berkiprah, HRI Targetkan Prestasi di ITCR Mandalika

Keterangan Gambar : Trio pembalap andalan HRI tetap menjadi andalan musim ini, Andri Abirezky, Avila Bahar, dan Alvin Bahar.

Honda Racing Indonesia (HRI) akan merayakan 40 tahun kiprah di dunia balap nasional dengan tampil penuh pada ajang Mandalika Festival of Speed (MFoS) 2025. Gelaran ini menjadi penanda tonggak baru perjalanan tim dan akan digelar pada 19–20 Juli 2025 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok.

Partisipasi ini sekaligus menandai komitmen HRI untuk mengikuti seluruh putaran Kejuaraan Nasional Balap Mobil atau Indonesia Touring Car Race (ITCR) 2025. Mandalika akan menjadi tantangan baru bagi tim yang sebelumnya mendominasi sirkuit Sentul.

Direktur HRI, Alvin Bahar, menyebut adaptasi terhadap karakter teknis Sirkuit Mandalika menjadi fokus utama tim tahun ini.

“Beradaptasi dengan karakter sirkuit baru tentu menjadi tantangan tersendiri. Setelah bertahun-tahun membangun pengalaman di Sentul, kami melakukan penyesuaian strategi agar dapat tampil maksimal di Mandalika,” ujar Alvin dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (4/7).

Untuk menghadapi tantangan tersebut, HRI telah mempersiapkan sejumlah strategi, termasuk pengembangan setup mobil yang lebih agresif serta penggunaan data dan simulasi performa secara menyeluruh.

Trio pembalap andalan HRI tetap menjadi andalan musim ini: Andri Abirezky akan turun di kelas ITCR 1200 dengan Honda Brio, Avila Bahar di kelas ITCR 1200 dan ITCR 1500 dengan Honda Brio serta Honda City Hatchback RS, dan Alvin Bahar akan bertarung di kelas ITCR 3600 dengan Honda Civic Type R.

Kehadiran pembalap lintas generasi menunjukkan konsistensi HRI dalam pembinaan dan regenerasi talenta balap nasional.

“Kami percaya, dengan pengalaman tim, persiapan menyeluruh, dan performa mobil Honda yang sudah terbukti di berbagai kondisi, kami dapat bersaing secara konsisten dan menghadirkan hasil terbaik sepanjang musim,” tegas Alvin.

Sementara itu, Avila Bahar menyoroti format balap MFoS yang padat sebagai tantangan tersendiri.

“Persiapan balap di Mandalika sangat penting mengingat dalam satu akhir pekan ada dua balapan, Sabtu dan Minggu. Tidak seperti biasanya yang punya jeda sebulan, kali ini evaluasi dan perbaikan harus cepat. Ini yang harus kami waspadai,” jelas Avila.

Sejak era balap jalan raya di Ancol tahun 1970-an, Honda telah menjadi bagian penting dalam sejarah motorsport Indonesia. HRI terus berkembang lewat berbagai era, mulai dari sirkuit BSD, dominasi Sentul hingga 2024, dan kini menyongsong era baru di Mandalika.(Dens)

#HondaRacingIndonesia, #MandalikaFestivalofSpeed, #ITCR2025, #BalapMobilNasional, #AlvinBahar,