Home Lifestyle 8 Langkah Memilih Karier yang Tepat

8 Langkah Memilih Karier yang Tepat

21
0
SHARE
 8 Langkah Memilih Karier yang Tepat

Jakarta, BIZNEWS.ID - Karir adalah faktor penentu dalam kehidupan semua orang. Sehingga sangatlah umum untuk merasakan tekanan dan ketakutan yang intens saat mencoba mencari cara untuk memilih jalur karier yang tepat.

Tentunya setiap orang ingin membuat keputusan yang terbaik dengan menyiapkan diri untuk kehidupan yang dipenuhi dengan kepuasan profesional dan kesuksesan finansial.

Setiap orang cerdas dan banyak akal, jadi hanya membutuhkan sedikit bimbingan untuk menemukan jalur karier yang melibatkan kekuatan pribadi. Mencari tahu semuanya hanya membutuhkan sedikit eksplorasi batin dan panduan yang sederhana.

Menanyakan pada diri Anda sendiri dan mengambil beberapa langkah strategis akan membantu menentukan karier mana yang paling sesuai dengan pendidikan, minat, keterampilan dan diri yang sejati.

Mengutip dari Liputan6.com,  berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk memilih jalur karier yang tepat:

1. Tanyakan pada Diri Anda: Apa yang Membunuh Kegembiraan di Tempat Kerja?

Pertama, mengetahui apa yang tidak berhasil untuk Anda adalah langkah pertama yang baik. Pendekatan untuk mencari pekerjaan adalah mencari lowongan dibidang yang Anda sukai atau kenal baik.

Pikirkan kembali pengalaman profesional Anda sebelumnya dan tanyakan pada diri sendiri apa yang membunuh kegembiraan di sana. Anda kemudian dapat menggunakan pengalaman ini untuk mengidentifikasi apa yang tidak akan berhasil di masa mendatang.

2. Tanyakan pada Diri Anda: Apa yang Membuat Bahagia saat Bekerja?

Setelah mengidentifikasi apa yang tidak Anda sukai dalam pengalaman profesional sebelumnya, pertimbangkan apa yang Anda sukai.

Pertimbangkan pengalaman masa lalu Anda dan tanyakan pada diri sendiri apa yang mengisi Anda dengan kegembiraan dan energi saat bekerja.

3. Tentukan Apa yang Paling Anda Hargai

Pikirkan tentang hal-hal yang paling penting bagi Anda dalam hidup dan mengapa merasa demikian. Arahkan pikiran ke setiap pemikiran yang muncul sampai mendapatkan wawasan dan perspektif baru tentang nilai inti Anda.

4. Identifikasi Apa yang Paling Anda Sukai dalam Hidup

Banyak orang yang tidak mengenali hasrat sejati karena hal itu tampak begitu alami. Sehingga hal ini dapat menyebabkan Anda mengabikan fakta bahwa takdir sebenarnya melibatkan sesuatu yang disukai yang juga mudah bagi Anda.

Ketika fokus pada apa yang Anda suka lakukan secara alami, hasrat akan muncul dan secara bertahap menunjukkan jalur karir yang mencerminkan inti diri Anda.

5. Pertimbangkan Hambatan yang Mungkin Dihadapi dalam Mengejar Tujuan Anda

Anda harus bersiap untuk menghadapi suara-suara yang akan mencoba mematahkan semangat dan meyakinkan untuk kembali, baik secara internal maupun dari orang lain.

Sehingga penting untuk menemukan rekan kerja yang terpercaya yang dapat memberikan dukungan. Anda akan membutuhkan kepercayaan diri untuk melewati rasa takut ditolak atau disalahpahami untuk menemukan karir yang memuaskan yang Anda cari selama ini.

6. Buatlah Daftar Pekerjaan Potensial yang mungkin Membuat Anda Berhasil

Mungkin selama ini Anda sudah menjelajahi banyak pekerjaan yang dilakukan. Sehingga penting untuk membuat daftar yang ingin Anda jelajahi lebih jauh lagi.

7. Buat atau Perbarui Resume Anda dan Identifikasi Kesenjangan dalam Keterampilan, Pendidikan atau Pelatihan

Lihat deskripsi pekerjaan untuk posisi yang ingin Anda kejar berdasarkan daftar kariri yang Anda minati. Apakah Anda memiliki semua yang dibutuhkan pemberi kerja? Jika demikian, pastikan resume yang dimiliki secara akurat menjelaskan mengapa Anda akan menjadi kandidat yang hebat.

8. Mulailah Melamar Kerja

Saat menjalani proses lamaran dan wawancara, Anda akan terus belajar tentang diri sendiri, juga tentang bidang yang Anda minati.

 
Photo : google image