Home Jajan Penasaran Rasa Odading, Inilah Resep dan cara Membuatnya

Penasaran Rasa Odading, Inilah Resep dan cara Membuatnya

0
SHARE
Penasaran Rasa Odading, Inilah Resep dan cara Membuatnya

Jakarta, BIZNEWS.ID - Camilan odading atau biasa dikenal dengan sebutan kue bantal tengah viral di media sosial. Sebagian netizen pun dibuat penasaran dengan rasa camilan khas Bandung tersebut. Nah bagi kalian yang penasaran ingin merasakan Odading, kalian bisa membuat sendiri camilan Odading di rumah masing-masing.

Jebolan MasterChef Indonesia, Devina Hermawan membagikan resep odading tanpa ragi dan tanpa ulen melalui akun Youtube Devina Hermawan. Jika biasanya Odading memakai ragi untuk mengembangkan adonan, kali ini tetapi Devina membagikan resep berbeda.

Resep odading ala Devina Hermawan tidak menggunakan ragi namun Ia menggunakan baking soda dan baking powder.
Menurut Devina, tekstur odading berbeda dengan donat. Bagian dalam odading kopong, tetapi terigunya padat tidak membentuk serat roti.

Selain itu, adonan odading ala Devina juga tidak perlu diuleni. Pasalnya, adonan akan dibiarkan dalam waktu cukup lama sehingga akan kalis dengan sendirinya.

Berikut cara membuat odading manis tanpa ragi dan ulen seperti dikutip tribunpontianak.co

Bahan Membuat Odading

* 280 gr tepung terigu protein sedang

*  1 1/4 sdt baking powder

*  1/2 sdt baking soda

*  1 butir telur

*  110 gram susu cair

*  20 ml minyak

*  4 1/2 sdm gula

*  1/2 sdt garam

*  1 sdm susu bubuk

*  20 gram wijen putih

*  Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Odading

1. Campur susu cair, gula, dan telur. Aduk hingga gula larut. Lalu tambahkan minyak. Kamu bisa menggunakan kuning telur saja untuk hasil roti lebih lembut.

2. Siapkan mangkuk lain. Campur tepung terigu, susu bubuk, garam, baking soda, dan baking powder. Aduk menggunakan sumpit. Tuangkan bahan cair sedikit demi sedikit, aduk kembali pakai sumpit. Pastikan semua bahan menyatu dan adonan agak basah.

3. Uleni adonan sampai permukaannya halus, tidak perlu sampai kalis. Masukkan adonan dalam wadah, tutup pakai plastic wrap atau lap bersih. Istirahatkan selama 5-6 jam pada suhu ruang. Alternatif lain, istirahatkan selama 2 jam pada suhu ruang.

Lanjutkan simpan di kulkas semalaman. Proses ini membuat hasil akhir roti lebih maksimal.

4. Oleskan minyak ke talenan, rolling pin, dan tangan. Letakkan adonan di atas talenan. Pipihkan memanjang dengan tebal 1 cm. Semprot atau olesi sedikit air di permukaan adonan. Lalu taburi dengan wijen. Kembali tipiskan adonan sekitar 0,5 cm.

Adonan harus digiling tipis agar dapat mengembang. Kalau terlalu tebal, hasil akhirnya akan padat. Potong adonan dengan ukuran sekitar 4x6 cm atau sesuai selera.

5. Siapkan penggorengan. Tuang minyak, panaskan dengan api sedang. Masukkan odading. Aduk supaya mengembang.
Goreng odading sampai warnanya coklat keemasan. Tiriskan.

Odading Siap Disantap

Photo : google image