Home Ekonomi Pandemi Covid-19 dan Rencana BUMN Go Global

Pandemi Covid-19 dan Rencana BUMN Go Global

25
0
SHARE
Pandemi Covid-19 dan Rencana BUMN Go Global

Jakarta, BIZNEWS.ID - Kementerian BUMN bercita-cita membawa perusahaan milik negara bisa berkibar dan menjadi pemain global. Cita-cita ini sesuai dengan 5 prioritas Kementerian BUMN yang terdiri atas menciptakan nilai ekonomi dan sosial, membuat inovasi model bisnis, kepemimpinan teknologi, peningkatan investasi dan pengembangan talenta.

“5 prioritas ini sangat terkait dengan BUMN go global dan Indonesia mendunia. Itu sebabnya, Kementerian BUMN banyak melakukan restrukturisasi di semua lini BUMN termasuk membantuk holding dan lain sebagainya. Harapannya bisa terwujud pada 2021 nanti,” kata Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto dalam acara Ngopi BUMN bertajuk BUMN Go Global, Indonesia Mendunia, belum lama ini.

Susyanto mengatakan, harapan go global itu menjadi tantangan bagi setiap BUMN untuk mewujudkannya. Di samping itu, untuk mewujudkan BUMN menjadi pemain global, Kementerian BUMN juga sudah membuat nota kesepahaman (MoU) Kementerian Luar Negeri.

Adapun MoU itu, kata Susyanto, terdiri atas 3 hal. Pertama, mendorong pengembangan BUMN di pasar global guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan memajukan kepemimpinan Indonesia di luar negeri. Kemudian, mendorong BUMN sebagai pemimpin global dan mengoptimalkan transaksi serta nilai investasi outbond  BUMN.

“Terakhir, mensinergikan langkah dan aksi kerja BUMN baik secara B to G maupun B to B guna menghasilkan kebijakan strategis yang harmonis dan terintegrasi serta bersifat lintas sektoral,” kata Susyanto.

Lantas apa tujuan BUMN go global? Menurut Susyanto, untuk memperkenalkan produk BUMN agar bisa diserap pasar global. Tidak hanya produk tapi juga jasa sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan menjadi kebanggan Indonesia.

Selanjutnya, kata Susyanto, tujuan go global itu untuk menyatukan kekuatan BUMN di luar negeri agar menciptakan efisiensi operasional. Lalu, untuk memperbaiki supply chain dengan melakukan investasi atau akuisisi perusahaan di luar negeri.

“Terakhir, memanfaatkan momentum pandemi saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan BUMN di pasar global,” kata Susyanto. Demikian theiconomics.com

Photo : google image