Home Kampus Interstudi Gelar Seminar Nasional Tahunan dengan tema Keterbukaan Informasi, Media dan Komunikasi

Interstudi Gelar Seminar Nasional Tahunan dengan tema Keterbukaan Informasi, Media dan Komunikasi

0
SHARE
Interstudi Gelar Seminar Nasional Tahunan dengan tema Keterbukaan Informasi, Media dan Komunikasi

Keterangan Gambar : Player Seminar Nasional dan Call for Paper

BizNews.id - Jakarta, Seminar Nasional dan Call for Paper merupakan event ilmiah tahunan yang dilaksanakan STIKOM Inter Studi, kegiatan ini mendiskusikan perkembangan dan penelitian terbaru melibatkan praktisi, akademisi dan mahasiswa dalam bidang ilmu komunikasi. Penyelenggara seminar ini adalah Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi Jakarta. Peserta Seminar Nasional dan Call for Paper 2022 datang dari berbagai praktisi, akademisi dan mahasiswa berbagai disiplin ilmu yaitu ilmu komunikasi, kajian media, perikalanan, public relations, broadcasting, komunikasi bisnis, ilmu sosial, ilmu politik, kajian budaya dan sebagainya.  

Pendahuluan
Industri kreatif berbasis digital semakin digalakkan pada dasawarsa terakhir di Indonesia. Industri ini juga diharapkan menjadi lokomotif ekonomi masa depan yang melibatkan kreativitas, keahlian,  talenta  dan intelektual yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan. Terlebih perkembangan teknologi digital 5.0 telah membawa perubahan fundamental pada berbagai tatanan kehidupan khususnya komunikasi. Perubahan ini berimplikasi pada disrupsi dalam berbagai bidang termasuk profesi komunikasi seperti broadcasting, advertising, public relations dan bentuk komunikasi bisnis. Di sisi lain, disrupsi teknologi digital mendorong ekonomi kreatif sebagai isu strategis yang layak mendapatkan perhatian dan pengarusutamaan dari berbagai pihak termasuk perguruan tinggi. 

Perguruan tinggi termasuk triple helix dalam industry kreatif dan digital. Inovasi dan ide kreatif muncul dari perguruan tinggi untuk meningkatkan nilai tambah ide kreatif. Perguruan tinggi termasuk mahasiswa dan dosen berkontribusi pada pengembangan industri kreatif dan digital seperti (1) membuat kurikulum berorientasi kreatif dan entrepreneurship, (2) riset maupun desain inovatif dan (3) menyelenggarakan lembaga pendidikan dan pelatihan bagi industri kreatif dan digital. 

Keterlibatan perguruan tinggi juga membutuhkan adanya integrasi dengan pengembangan ilmu dan budaya akademik. Bentuk budaya akademik tersebut merupakan publikasi ilmiah untuk menyebarkan informasi dan hasil riset terkait isu komunikasi kreatif dan digital. Terlebih, Dikti telah menghimbau pada tahun 2012 bahwa mahasiswa wajib melakukan publikasi ilmiah baik pada tingkat mahasiswa S1, S2 dan S3. Melalui seminar ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah publikasi sivitas akademika di STIKOM Inter Studi pada khususnya dan meningkatkan keaktifan publikasi ilmiah pada umumnya. Seminar ini juga menjadi sarana bagi mahasiswa dan dosen untuk dapat mempublikasikan hail penelitian maupun hasil karyanya melalui penyelenggaraan event berskala nasional. 

Nama, Lokasi dan Waktu Kegiatan
“Keterbukaan Informasi, Media dan Komunikasi sebagai Akselerator Industri Kreatif Digital Indonesia”
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi, 07 Juni 2022

 Tujuan Kegiatan
1.Membahas disrupsi teknologi dalam konteks industry komunikasi dan kreatif
2.Membahas tantangan ilmu komunikasi dalam industri kreatif dan digital
3.Membahas upaya-upaya prediktif terkait disrupsi teknologi
4.Membahas peluang pengembangan kurikulum ilmu komunikasi berbasis kreatif dan digital
5.Meningkatkan publikasi ilmiah sivitas akademika

Jenis Kegiatan
Seminar satu hari yang terdiri dari dua sesi utama, yaitu:
1.Sesi Panel yang menghadirkan narasumber utama dan pembanding dari latar belakang Ilmu Komunikasi, Kreatif, Asosiasi dan Pendidikan. Sesi Panel ditempatkan dalam acara pembukaan seminar. 
2.Sesi Paralel yang menghadirkan pemakalah dari berbagai disiplin ilmu selama satu hari. Pemakalah diundang dalam ‘Call for paper’ yang telah ditelaah oleh pakar dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. 

Tema
“Keterbukaan Informasi, Media dan Komunikasi sebagai Akselerator Industri Kreatif Digital Indonesia”
Kami mengundang para peneliti, praktisi, akademisi dan mahasiswa untuk mengirimkan makalah hasil penelitian terkait tantangan dalam bidang ilmu komunikasi, bisnis, sosial dan budaya yang berkaitan dengan perkembangan industri kreatif dan komunikasi digital. 

Sub Tema
1.Komunikasi Kreatif dan Literasi Digital
2.Digital Revenge Tourism and Society
3.Industri Kreatif Digital (E-commerce, Game Online, Virtual Reality, Metaverse, NFT)
4.Media Sosial dan Content Creative 
5.Digital Communication and Lifestyle 

Tanggal-Tanggal Penting
1.Informasi ‘Call for Paper’         : 21 Maret 2022
2.Batas akhir Pendaftaran (Abstract) : 04 April 2022
3.Batas akhir Pengiriman Full Paper   : 11 April 2022
4.Proses review makalah                 : 11 April – 22 April 2022  
5.Pengumuman hasil review         : 29 April 2022
6.Pengumpulan revisi         : 20 Mei 2022
7.Pembayaran sebagai pemakalah : 27 Mei 2022
8.Penyelenggaraan                 : 07 Juni 2022 

Biaya Registrasi
Seminar dan Call for Paper (Mahasiswa) Rp 100.000 
Seminar dan Call for Paper (Profesional) Rp 200.000

Susunan Acara & Tanggal
Hari Pertama (07 Juni 2022)
08.30 – 09.00 Registrasi peserta
09.00 – 09.15 Sambutan dan pembukaan acara
09.15 – 10.00 Keynote Speakers 1
10.00 – 10.30 Keynote Speakers 2
10.30 – 11.00 Keynote Speakers 3
11.00 – 12.00 Nominasi Subtema
12.00 – 13.00 ISHOMA
13.00 – 14.30 Best Paper
14.30 – 15.00 Penutupan

Untuk registrasi bisa melalui tautan ini: Pendaftaran Seminar Nasional dan Call for Paper