Jakarta, BIZNEWS.ID - Memasuki tahun 2021 STIKOM InterStudi menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk “Tantangan dan Potensi Komunikasi Digital Kreatif di masa Pandemi Covid-19 “ yang berlangsung pada tanggal 26 April 2021. Seminar Nasional dan Call for Paper merupakan event ilmiah tahunan yang dilaksanakan STIKOM Inter Studi, kegiatan ini mendiskusikan perkembangan dan penelitian terbaru melibatkan praktisi, akademisi dan mahasiswa dalam bidang ilmu komunikasi.
Dalam sambutannya, Ketua Seminar Nasional Kurnia SE, MM mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa, dosen dan praktisi komunikasi untuk dapat mempublikasikan hasil penelitian maupun hasil karyanya melalui penyelenggaraan kegiatan berskala nasional. Seminar nasional ini juga diharapkan dapat meningkatkan jumlah publikasi sivitas akademika di STIKOM Inter Studi pada khususnya dan meningkatkan budaya akademik diseminasi informasi hasil riset terkait isu komunikasi kreatif dan digital.
Dengan total peserta 99 orang, panitia telah menseleksi serta menentukan tujuh pemakalah yang berhak menyandang predikat The Best Category Paper dan 1 pemakalah dengan predikat Best of the Best Paper. Dari kategori Creative Digital Communication artikel milik Puja Resma Nelan dari LSPR Jakarta dengan judul “Indonesia Digital Public Diplomacy on @kemlu_ri . Instagram: Benefit and Chellenges during COVID-19” berhasil menyandang predikat best paper.
Sementara best paper kategori Creative Entrepreneur Communication diraih oleh Firtsishella Shabrina dari STIKOM InterStudi Jakarta dengan judul “Kampanye Public Relation ‘Ngopi Tapi Go Green’ pada Wirausaha RBOj Coffee”. Best paper kategori Creative Business Communication diraih oleh Brizky Amalia dari STIKOM InterStudi dengan judul “Komunikasi Bisnis Melalui Social Media Trust Guna Meningkatkan Customer Engagement Pada Pixy Cosmetic”.
Kemudian best paper kategori Creative Advertising Communication didapat oleh Riqi Adrianto dari STIKOM InterStudi dengan judul “Kredibilitas Influencer Dalam Membentuk Kepercayaan Konsumen Terhadap Brand”. Beralih ke best paper kategori Creative Broadcasting Communication berhasil didapat oleh Panji Andika Raspati dari Stkom InterStudi dengan judul “Pengaruh Program Reality Show Kepolisian terhadap Sikap Penonton di Jakarta”.
Selanjutnya best paper untuk kategori Creative Public Realtions Communication didapat oleh Florensia Prihandini dari STIKOM InterStudi dengan judul “Marketing Public Relations dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Titan Baking Course”. Best paper kategori Creative Design Communication berhasil diraih oleh Delilah Maymunah Yamita dari STIKOM InterStudi dengan judul “Saluran Komunikasi dan Model Penerimaan serta Penggunaan Teknologi sebagai Penentu Adopsi Sistem Pembayaran Kartu Elektronik JAKLINKO” sekaligus artikel dari Delilah Maymunah Yamita ini juga terpilih sebagai Best of the Best paper Seminar Nasional InterStudi 2021.
Kegiatan 26 April merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Seminar Nasional InterStudi yang menampilkan dua pembicara yang dipandu oleh Dr Poppy Ruliana MSi. Kesempatan pertama diberikan kepada Prof Dr Heri Hermansyah, ST, M.Eng, IPU selaku Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristek untuk menyampaikan paparannya terkait penelitian dan pengabdian masyarakat termasuk prinsip dasar pengabdian masyarakat yang mengedepankan Sinergitas, Multidisiplin dan Kemitraan termasuk capaian 92 artikel internasional Indonesia yang sudah terindeks Scopus termasuk capaian-capaian di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat
Diparuh kedua, pemaparan disampaikan oleh Dr. Puji Lestari. SIP, MSi selaku Tim Pakar Kurikulum Literasi Digital Tular Nalar & Ketua Umum Apjiki. Dalam paparannya beliau menyampaikan kondisi masyarakat yang masih didominasi oleh info yang tidak akurat dan malah ikut menjadi penyebar hoax, bahkan misinformasi, disinformasi, malinformasi masih saja senantiasa muncul didalam kehidupan masyarakat.
Kegiatan yang didukung oleh KTM, Motorex,Husqvarna, PT Transindo dan ASR MX ini akan terus menjadi agenda kegiatan rutin STIKOM InterStudi setiap tahunnya dan kami senantiasa akan terus melakukan pengembangan tema-tema terkait komunikasi dan industri kreatif sebagai bagian dari sumbangsih kami untuk negeri tercinta Indonesia.
Headline
LEAVE A REPLY