Keterangan Gambar : Petugas porter khusus sedang membantu membawakan barang-barang pelanggan KA saat hendak menuju kereta api di Stasiun Pasarsenen. Porter berseragam oranye ini khusus ditugaskan KAI untuk melayani tanpa harus dibayar alias gratis. Pelanggan yang dilayani adalah mereka yang berkebutuhan khusus, seperti lansia dan ibu hamil juga anak-anak.
BizNews.id | Jakarta - Untuk meningkatkan layanan pada masa Nataru 2022-2023, Stasiun Pasarsenen menyediakan layanan porter gratis, khususnya untuk para pelanggan yang berkebutuhan khusus dan akan melalui jalur penyeberangan bawah (underpass) untuk menuju kereta yang berada di jalur 3 dan 4 KAI Daop 1 Jakarta.
"Layanan porter gratis tersebut memiliki ciri khusus yakni menggunakan seragam khusus berupa rompi berwarna orange. Petugas pada layanan tersebut secara proaktif akan membantu penumpang yang terlihat membutuhkan bantuan, khususnya pada lansia, disabilitas, ibu hamil dan anak-anak yang akan melintasi underpass menuju peron 3 dan 4 saat akan berangkat ataupun sebaliknya," jelas Eva Chairunisa, Kepala Bagian Humas Daop 1 Jakarta, dalam siaran pers, Minggu (25/12).
Layanan porter gratis dihadirkan karena pada musim liburan karakteristik penumpang KA yang berangkat, mayoritas bersama keluarga dan membawa anak serta barang bawaan cukup banyak.
"Sementara untuk layanan porter dengan tips jasa sesuai kebijakan pengguna juga masih ada untuk membantu pelanggan KA di area stasiun," tambah Eva.
Adapun pada masa Nataru 2022/2023 Stasiun Pasarsenen merupakan Stasiun KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta untuk pemberangkatan KA Ekonomi yang mengalami peningkatan volume cukup tinggi. Pada Jumat lalu (23/12) secara total terdapat sekitar 23 ribu pengguna berangkat dari Pasarsenen. Sementara untuk hari ini pada Minggu (25/12) tercatat sekitar 18.800 penumpang berangkat. Meski mengalami penurunan dibandingkan tanggal 23 dan 24 Desember, jumlah tersebut masih tinggi dibandingkan volume akhir pekan normal dengan rata-rata penumpang berangkat sekitar 11 ribu penumpang.
KAI Daerah Operasi 1 Jakarta (Daop 1 Jakarta) mengimbau seluruh masyarakat yang akan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta, agar memperhatikan kembali aturan Vaksin terbaru yang telah diberlakukan mengacu Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Libur Hari Raya Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.
"KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan, karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih," terang Eva.
Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga di-imbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan, minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA, untuk menghindari risiko tertinggal KA.
"Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket," pungkas Eva.(Dens)
LEAVE A REPLY