Home Kampus Rakor Kehumasan LLDikti Wilayah III 2024 Soroti Manajemen Krisis Perguruan Tinggi

Rakor Kehumasan LLDikti Wilayah III 2024 Soroti Manajemen Krisis Perguruan Tinggi

0
SHARE
Rakor Kehumasan LLDikti Wilayah III 2024 Soroti Manajemen Krisis Perguruan Tinggi

Jakarta, BIZNEWS.ID - LLDikti Wilayah III berkolaborasi dengan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) untuk menyelenggarakan Kegiatan Rapat Koordinasi Kehumasan 2024 yang mengangkat tema “Sinergi Kehumasan Perguruan Tinggi dan Pemerintah Dalam Mendukung Peningkatan MutuPendidikan Tinggi”. Rakor Kehumasan ini dirancang secara khusus untuk mengulas aspek-aspek kunci peran humas dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan tinggi.

Melihat dari fokus tersebut, LLDikti Wilayah III mengundang Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di lingkunganLLDikti Wilayah III dengan 125 Perguruan Tinggi Swastasecara luring dan 127 Perguruan Tinggi Swasta secara daring. Humas pada Perguruan Tinggi Swasta yang belum berakreditasi Unggul menjadi concern utama untuk dapat diberikan masukan dan sudut pandang baru tentang efektivitas kinerja Humas dalam mendukung kebijakan Pemerintah terkait akreditasi Perguruan Tinggi.

”Humas itu penting sekali bahkan saat saya mengawalisebagai rektor salah satu fokus saya adalah mengenai masalah kehumasan ini, intinya produk yang baik, sebaik apapun itukalau Humasnya jelek maka produknya juga akan jelek. JadiHumas mempunyai peran penting dalam bidang komunikasiuntuk mewujudkan Perguruan Tinggi yang maju dan unggul.” ujar Bapak Rektor UAJ, Prof. Dr. dr Yuda Turana, Sp. S (K) dalam sambutannya.

Kolaborasi dan diskusi yang terbuka di dalam rakor ini manghasilkan gagasan dan strategi yang inovatif untukmendukung peningkatan mutu pendidikan tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah III. Humas PTS aktif berpartisipasi, bertukar pikiran, dan berkolaborasi secara sinergis demi mencapai visi bersama. Kepala Bagian UmumLLDikti Wilayah III, Bapak Noviyanto, S.T., MMSI menyampaikan agar “Rakor Kehumasan ini dapat menjadi langkah strategis dalam membekali humas PTS agar tangguh dan responsif di tengah kompleksitas tugas dan tantanganzaman dalam mensosialisasikan kebijakan pemerintah, memberikan pelayanan informasi yang efektif, dan menjadi mediator proaktif dalam menjembatani kepentingan lembaga dengan publik.”

Dinna Handini, S.Sos. M.Ikom, Pranata Humas Ahli Muda Ditjen Diktirisktek, dan Dr.rer.nat. Agustina Dwi RetnoNurcahyanti, S.Si., M.Si., M.Sc, Sekertaris Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, melengkapi Rakor Kehumasan ini sebagai narasumber yang kompeten pada sesi yang pertama dengan menitikberatkan pembahasan peran humas Perguruan Tinggi dalam Mendukung Kebijakan Pemerintahterkait Akreditasi Perguruan Tinggi dan Keterbukaan Informasi Publik. Kedua narasumber menyoroti pentingnya dukungan pemimpin dalam mendongkrak kinerja humas dalam fungsi membentuk, meningkatkan, memelihara citra, dan reputasi positif pemerintah dengan menyediakan informasi tentang kebijakan, program,  dan  kegiatan instansi.Selain itu, meningkatkan komunikasi serta relasi kedekatan juga harus digeluti betul oleh seorang humas baik kepada pihak internal maupun eksternal.

Pada sesi yang kedua, kombinasi narasumber kompeten lainnya antara Doddy Zulkifli Indra Atmaja, S.Ikom., M.Si, Pranata Humas Ahli Muda Ditjen Diktirisktek, dan Yohanes Enggar, Editor Kompascom dan Assistant Manager KG Media Content, mengupas tentang Manajemen Isu dan Strategi Komunikasi dalam Krisis. Humas PTS perlu lebih aware untuk memahami misi dan nilai perguruan tinggimasing-masing serta membangun strategi komunikasi pada masa krisis yang mungkin dihadapi kelak. Menjaga hubungan dengan media akan menjadi salah satu keuntungan yang didapat oleh humas dalam rangka menyebarluaskan informasi, atau menjadi pintu awal tersampaikannya pesan dengan baik.Dunia terus berubah dengan cepat, diperlukan humas yang adaptif, kreatif, konsisten, dan ‘menyala’ di tengah krisis.

Momentun yang dibangun hari ini akan menjadi titik awal bagi kerjasama yang lebih erat dan berkelanjutan antara LLDikti Wilayah III dan para humas Perguruan Tinggi Swasta. Belajar berinovasi dalam komunikasi krisis menjadihal yang tak terhindarkan. Dengan mengembangkan strategi komunikasi krisis yang transparan, kita dapat menjaga reputasi Perguruan Tinggi dan meminimalkan dampak negatif yang mungkin timbul akibat krisis yang mungkin dihadapi oleh Perguruan Tinggi.