Home Ekonomi Penumpang Whoosh terus Meningkat, KCIC Optimistis Capai Target Volume

Penumpang Whoosh terus Meningkat, KCIC Optimistis Capai Target Volume

Kereta Cepat Whoosh

0
SHARE
Penumpang Whoosh terus Meningkat, KCIC Optimistis Capai Target Volume

Keterangan Gambar : Jumlah penumpang KC Whoosh dari ke hari secara bertahap meningkat. PT KCIC pun optimistis target volume penumpang, 29 ribu per hari, akan tercapai dengan dukungan ragam program untuk menarik minat masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke moda transportasi KC Whoosh.

Biznews.id - Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) optimistis target volume penumpang Kereta Cepat Whoosh, yaitu 29 ribu per hari bisa tercapai, seiring makin konsistensinya jumlah penumpang Whoosh dari hari ke hari. Untuk mencapai target itu, KCIC telah menyiapkan berbagai langkah strategis, melalui komitmen untuk terus meningkatkan layanan dan fasilitas, serta memperluas jangkauan layanan lewat pembukaan stasiun baru dan penambahan jumlah perjalanan.

"Pada awal tahun 2025, KCIC memprogramkan akan menambah jumlah perjalanan hingga 62 perjalanan per hari secara bertahap. Penambahan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan transportasi yang semakin meningkat dan memberikan lebih banyak pilihan waktu perjalanan bagi penumpang," jelas Eva Chairunisa, Corporate Secretary PT KCIC dalam siaran persnya, Jumat (26/7).

Eva mengatakan bahwa sebagai bagian strategi peningkatan jumlah penumpang, KCIC akan mengoperasikan Stasiun Karawang di awal tahun 2025 untuk layanan naik turun penumpang. Saat ini Stasiun Karawang baru dioperasikan untuk melayani pengaturan perjalanan kereta. Pendinasan petugas untuk on call emergency juga telah berjalan beserta seluruh perangkat lain seperti diantaranya petugas pengamanan dan kebersihan.

"Untuk dapat mengoperasikan Stasiun Karawang melayani naik turun penumpang, persiapan jalan akses menjadi salah satu faktor penting, saat ini KCIC tengah menyiapkan akses dari kawasan Trans Heksa Karawang (THK) dan Deltamas untuk menuju stasiun Karawang," kata Eva.

"Nantinya, akan ada akses sepanjang sekitar 1,5 km dari THK dan Deltamas menuju Stasiun Karawang yang saat ini sedang dalam tahap akhir pembebasan lahan untuk selanjutnya memasuki tahapan persiapan konstruksi," imbuhnya.

Saat ini, lanjut Eva, pemerintah melalui kementerian PUPR juga sedang menyiapkan pembangunan exit KM 42 jalan tol Jakarta Cikampek yang langsung menuju kawasan Stasiun Karawang. Lainnya akses dari Tol Japek juga dalam tahap pembebasan lahan dan pembangunan. Rencananya pembangunan dilakukan tahun ini dan sudah masuk dalam bagian dari Proyek Strategi Nasional dari pemerintah pusat.

"Dengan adanya beragam akses tersebut, Stasiun Karawang akan terkoneksi dengan berbagai kawasan industrial, perkotaan, dan pusat perbelanjaan. KCIC juga terus melakukan komunikasi dengan berbagai provider penyedia layanan transportasi, untuk memenuhi kebutuhan konektivitas antarmoda dari dan ke stasiun Karawang," harap Eva.

Peningkatan aksesibilitas sebagai strategi meningkatkan volume penumpang juga dilakukan untuk Stasiun Tegalluar, saat ini KCIC terus berupaya melakukan percepatan agar jalur akses di Stasiun Tegalluar semakin memudahkan untuk masyarakat.

Melalui kordinasi bersama seluruh stakeholder seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan Jasa Marga kini tengah dilakukan proses pembuatan exit tol KM 151A yang akan langsung terhubung menuju jembatan Cibiru yang menjadi akses utama menuju Stasiun Tegalluar. Selain itu percepatan untuk pembukaan exit tol 149 temporary untuk lebih memudahkan maayarakat, juga tengah diupayakan dan diharapkan dapat beroperasi pada September 2024.

Sebelumnya, penutupan akses tol KM 149 pada Januari 2024, menyebabkan penurunan jumlah penumpang di Stasiun Tegalluar dari 2.500 penumpang per hari menjadi hanya 1.700 penumpang per hari. Dengan pembukaan exit tol baru nantinya diharapkan ada peningkatan aksesibilitas menuju dan dari Tegalluar, sehingga dapat mempermudah perjalanan menuju dan dari Stasiun Tegalluar.

"Sisi lain exit tol baru juga diharapkan mengurangi beban tol Exit Pasteur dan Buah Batu, serta Jalan Gedebage, terutama saat akhir pekan ketika terjadi kepadatan di sekitar Stasiun Al Jabbar dan Stadion GBLA, dan mampu meningkatkan kembali jumlah penumpang di Stasiun Tegalluar," terang mantan jurnalis ini.

KCIC optimistis bahwa dengan berbagai inovasi dan peningkatan layanan yang dilakukan, jumlah penumpang Whoosh akan terus meningkat.

Volume Penumpang terus Mengalami Kenaikan

Volume penumpang Whoosh sejak awal beroperasi pada 17 Oktober 2023 hingga kini terus mengalami peningkatan positif. Dari rata-rata volume berkisar di angka 9 ribu penumpang per hari, kini volume rata-rata penumpang harian telah meningkat dengan volume tertinggi mencapai 24 ribu penumpang per hari pada Juli 2024.

"Peningkatan volume penumpang yang diikuti sejumlah inovasi layanan, menjadi tolok ukur KCIC semakin optimis dalam menghadapi tantangan dan mencapai target-target yang telah ditetapkan," ujar Eva.

Adapun peningkatan volume juga diikuti dengan penambahan jumlah perjalanan secara bertahap dari 14 perjalanan regular per hari pada Oktober 2023, saat ini sudah mencapai 48 perjalanan per hari.

KCIC terus melakukan berbagai inovasi di bidang pelayanan penumpang baik di stasiun maupun di kereta Whoosh. Upaya ini mencakup peningkatan fasilitas, pelayanan lebih baik, serta pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan menarik bagi seluruh penumpang.

"Beragam inovasi yang telah dilakukan diantaranya penerapan tarif dinamis, kolaborasi dengan destinasi wisata, konektivitas berbagai moda transportasi, pelayanan rombongan, kartu berlangganan, Freequent Whoosher dan berbagai inovasi lainnya yang diharapkan dapat membuat masyarakat mau beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi publik Whoosh," pungkas Eva.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai fasilitas, dan promo Whoosh, silakan menghubungi Customer Service di Stasiun atau Contact Center KCIC melalui ke 150909, WhatsApp chat ke 0815-1032-0909, email ke cs@kcic.co.id, serta ⁠Instagram reply dan DM ke @keretacepat_id.(Dens)