Home Nasional Meriahkan Imlek 2574, KAI Hadirkan Barongsai Hibur Penumpang

Meriahkan Imlek 2574, KAI Hadirkan Barongsai Hibur Penumpang

Hari Raya Imlek 2574

0
SHARE
Meriahkan Imlek 2574, KAI Hadirkan Barongsai Hibur Penumpang

Keterangan Gambar : Barongsai hadir di stasiun bahkan ke dalam gerbong kereta api, menjadi hiburan sendiri bagi para penumpang KA.(Foto Dok Daop 1 Jakarta)

BizNews.id - Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta turut memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili dengan menghadirkan Barongsai di Stasiun Gambir, Minggu (22/1). Kegiatan ini diharapkan menambah sukacita dan jadi pengalaman berkesan bagi penumpang KA, terutama pelanggan KA yang merayakan Tahun Baru Imlek.

"Selain penampilan Barongsai, PT KAI Daop 1 Jakarta juga membagi-bagikan sejumlah makanan dan suvenir khas Imlek untuk pengguna beruntung yang telah memiliki aplikasi KAI Access pada perangkat ponsel nya. Sementara apresiasi dengan gift berupa smartwatch juga diberikan untuk sejumlah penumpang terpilih yang telah melakukan perjalanan terbanyak dalam 1 bulan," jelas Eva Chairunisa, Kepala Bagian Humas Daop 1 Jakarta dalam siaran pers.

Pada libur panjang akhir pekan momen Imlek volume keberangkatan penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen juga mengalami peningkatan hingga 20 persen.

"Hingga hari ini secara total terdapat sekitar 88 ribu tiket yang telah terjual untuk jadwal keberangkatan pada tanggal 20 s.d 23 Januari 2023. Dari jumlah tersebut 35.600 merupakan tiket keberangkatan Stasiun Gambir dan 52.400 tiket keberangkatan Stasiun Pasar senen," tambah Eva.

Angka volume penumpang berangkat masih akan mengalami perubahan mengingat penjualan tiket masih berlangsung. Untuk tanggal 20 sampai dengan 23 Januari 2023. Setiap hari nya terdapat  57 hingga 60 KAJJ yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta.

Volume penumpang berangkat pada momen libur Imlek dari area Daop 1 Jakarta, paling tinggi akan terjadi pada Jumat (20/1) dengan layanan 58 KA yang beroperasi. Terdata sekitar 30.500  penumpang telah melakukan pemesanan tiket untuk keberangkatan hari Jumat yakni sekitar 12.300 merupakan volume penumpang berangkat dari Stasiun Gambir, dengan layanan operasional 29 KA dan sekitar 18.200 lainnya volume penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 29 KA.

"Adapun terdapat sejumlah kota tujuan favorit yang dipilih penumpang seperti diantaranya Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, solo, Tegal, Kutoarjo, Surabaya dan Malang, sedangkan untuk jarak dekat yakni Cirebon serta Bandung," kata Eva.

KAI Daop 1 Jakarta juga mengingatkan kembali kepada seluruh pengguna jasa agar memperhatikan aturan vaksin terbaru. Yang berlaku saat ini khususnya perubahan aturan pada usia anak 6 sampai dengan 12 tahun, dimana anak pada usia tersebut tetap dapat naik kereta api, dengan syarat memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari puskesmas atau fasilitas pelayanan kesehatan dengan alasan tertentu atau harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi booster.(Dens)