Home Ekonomi Pemerintah akan Hadirkan Lebih dari 1.500 Produk UMKM Di MotoGP Mandalika

Pemerintah akan Hadirkan Lebih dari 1.500 Produk UMKM Di MotoGP Mandalika

0
SHARE
Pemerintah akan Hadirkan Lebih dari 1.500 Produk UMKM Di MotoGP Mandalika

Jakarta, BIZNEWS.ID - Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM akan menyelenggarakan pameran produk UMKM di ajang MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022 mendatang. Lebih dari 1.500 produk UMKM unggulan dari 14 Provinsi akan digandeng untuk memamerkan produknya di Pertamina Mandalika International Street Circuit.


"Produk yang akan ditampilkan yaitu produk kategori otomotif, merchandise, souvenir, healthy product, serta food and beverages. Dengan semangat kolaborasi dengan berbagai pihak, lebih dari 1.500 UMKM akan menampilkan produknya pada event MotoGP Mandalika," ujar Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki dalam Opening Ceremony UMKM Goes to Mandalika di Gedung SMESCO Indonesia, Jakarta, Minggu (06/03) seperti dikutip Kemenkeu.go.id.


Pada tahun 2021 lalu, industri otomotif mengalami peningkatan sebesar 17,82 persen, serta menyerap sekitar 1,5 juta tenaga kerja di sepanjang rantai nilai industri. MenKopUKM mengatakan data ini menunjukkan bahwa permintaan akan pasar otomotif masih tinggi. Membaiknya industri otomotif secara otomatis juga mampu meningkatkan sektor lainnya termasuk UMKM.


"UMKM merupakan sektor pendukung industri otomotif di antaranya sebagai supplier part atau komponen kendaraan sehingga UMKM harus turut serta dalam pertumbuhan industri ini," kata MenKopUKM.


Lebih lanjut, MenKopUKM menilai event MotoGP merupakan agenda internasional yang harus dimanfaatkan seluruh pelaku UMKM Indonesia. Mereka berkesempatan untuk menunjukkan potensinya di kancah internasional, menjadi sarana perluasan produksi, menjaring investasi, serta pengembangan produk yang berkualitas.


"Event Pameran UMKM Otomotif dan Travel ini merupakan rangkaian promosi UMKM dan jasa pariwisata dalam mendukung event MotoGP Mandalika. Kita harus menunjukkan produk UMKM kita memiliki kualitas, daya saing, dan mampu masuk dalam rantai nilai nasional maupun global," ujar MenKopUKM.


Ajang MotoGP Mandalika dapat menjadi ajang promosi bagi produk UMKM, pariwisata, dan investasi. MenKopUKM menginginkan terwujudnya peta jalan terukur agar 10 tahun ke depan dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika, Indonesia dapat menaikkan target industri otomotif, termasuk UMKM.


"MotoGP akan mengangkat industri UMKM dan otomotif. Kita harus punya target terukur. Kalau 10 tahun saya optimis kita bisa menggerakan industri otomotif Indonesia berkelas dunia," kata MenKopUKM.


Sebagai informasi, kegiatan dalam acara pre-event MotoGP Mandalika terdiri dari pameran 60 UKM bidang otomotif dan 40 UKM travel dan lainnya. Selain itu, juga diadakan coaching clinic safety riding oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI), atraksi freestyle, pelepasan Team Riders Goes to Mandalika dan lain-lain.