Home Nasional Kemenkeu dan Kemdikbudristek Beri Edukasi Keuangan Negara Kepada Generasi Muda

Kemenkeu dan Kemdikbudristek Beri Edukasi Keuangan Negara Kepada Generasi Muda

0
SHARE
Kemenkeu dan Kemdikbudristek Beri Edukasi Keuangan Negara Kepada Generasi Muda

Jakarta, BIZNEWS.ID – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) luncurkan serial video edukasi bertema keuangan negara untuk mendukung pembelajaran selama pandemi atau Belajar Dari Rumah (BDR) dengan judul Petualangan Ungkit.

“Ungkit merupakan akronim dari #UangKita yang identik dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Hal ini mengingat APBN sejatinya adalah uang milik rakyat Indonesia yang digunakan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Indonesia,” kata Rahayu Puspasari, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan dalam rilisnya.

Serial Petualangan Ungkit bertujuan untuk memberikan pengenalan dan pemahaman terkait keuangan negara kepada kalangan pelajar SD kelas I hingga kelas III. Materi pembelajaran difokuskan pada peningkatan literasi, numerasi, serta penumbuhan karakter peserta didik. Tema keuangan negara yang disajikan dalam bentuk video animasi serta tokoh binatang (fabel) ini diharapkan mampu dipahami oleh kalangan peserta didik.

Terdapat 3 (tiga) tema cerita pada Serial Petualangan Ungkit ini, yaitu 1) Belanja Negara, dengan judul Petualangan Ungkit Menjelajah Kota, 2) Penerimaan Negara, dengan judul Petualangan Ungkit Berkelana di Desa, dan 3) Utang Negara, dengan judul Mewujudkan Kota Impian bersama Ungkit dan Teman-Teman.

“Semoga edukasi dan literasi keuangan yang dilaksanakan sejak dini kepada kalangan pelajar Sekolah Dasar ini dapat turut membentuk calon-calon generasi muda yang peduli, aktif, turut serta, dan berkontribusi positif dalam pelaksanaan pembangunan di masa yang akan datang,” ujar Rahayu seperti dikutip Kemenkeu.go.id

Kerja sama Kemenkeu dan Kemdikbudristek ini merupakan pelaksanaan atas Nota Kesepahaman yang telah ditetapkan Menteri Keuangan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor PRJ12/MK/01/2020 dan 21/XII/NK/2020 tanggal 4 Desember 2020 tentang Kesinergisan Pelaksanaan Tugas dan Fungsi dalam bidang Pendidikan, Kebudayaan, dan Keuangan Negara.

Kemenkeu terus berupaya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman pengelolaan keuangan negara sejak dini dan berkelanjutan.

“Dengan memiliki pengetahuan dan pemahaman pengelolaan keuangan negara yang baik, maka generasi muda pada saatnya nanti diharapkan dapat berpikir kritis, berkontribusi positif dan aktif dalam pembangunan serta mampu mewujudkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju di masa mendatang,” kata Rahayu.

Tayangan serial Petualangan Ungkit telah ditayangkan pada kanal Youtube TV Edukasi dan Kemenkeu RI, serta saluran stasiun TV Edukasi. TV Edukasi merupakan saluran resmi milik Kemdikbudristek yang menjadi rujukan dan alternatif bahan ajar para guru dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Harapannya, penayangan konten BDR Keuangan Negara pada TV Edukasi ini efektif dan signifikan menjangkau kalangan pelajar dan ekosistem pendidikan di seluruh Indonesia.

Selain kerja sama penayangan konten BDR Keuangan Negara, Kemenkeu berinisiatif melakukan kerja sama lain dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi bidang pendidikan, kebudayaan, dan keuangan negara. Beberapa kerja sama yang sudah diidentifikasi dan berpotensi untuk dilaksanakan, antara lain 1) Kerja Sama Pengembangan Pembelajaran, Kurikulum, dan Perbukuan terkait Sektor Edukasi Keuangan Negara, 2) Kolaborasi dan Kerjasama Penelitian di Bidang Keuangan Negara, dan 3) Kerjasama Penelitian dan Pengembangan Badan Layanan Umum.