Home Jalan-jalan Daop 5 Purwokerto Layanan Angkutan Nataru 2024 Capai 122.000 Penumpang, 40.000 Tiket Masih Tersedia

Daop 5 Purwokerto Layanan Angkutan Nataru 2024 Capai 122.000 Penumpang, 40.000 Tiket Masih Tersedia

0
SHARE
Daop 5 Purwokerto Layanan Angkutan Nataru 2024 Capai 122.000 Penumpang, 40.000 Tiket Masih Tersedia

Keterangan Gambar : Penumpang KA di Stasiun Purwokerto.

Biznews.id, Purwokerto - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto mencatatkan total 122.014 penumpang yang berangkat pada hari ke-9 Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025, yang berlangsung hingga Jumat, 27 Desember 2024.

Angka ini setara dengan 64% dari total kapasitas tempat duduk yang tersedia, yakni 189.360 tempat duduk, untuk periode 18 hari masa angkutan Nataru tahun ini. Selain keberangkatan, KAI Daop 5 Purwokerto juga melaporkan kedatangan penumpang sebanyak 144.192 orang.

Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih, mengungkapkan bahwa meskipun jumlah penumpang yang berangkat terus meningkat, tiket untuk masa angkutan Nataru masih cukup tersedia.

"Hingga hari ini, sebanyak 40.000 tempat duduk masih bisa dipesan. Kami mengimbau masyarakat untuk segera merencanakan perjalanan akhir tahun bersama keluarga menggunakan kereta api, karena kami selalu mengutamakan keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan ketepatan waktu," ujar Feni.

Tiga stasiun keberangkatan dengan jumlah penumpang terbanyak pada hari ini tercatat di Stasiun Purwokerto, dengan 3.243 pelanggan, diikuti Stasiun Kutoarjo yang memberangkatkan 1.411 penumpang, serta Stasiun Kroya dengan 1.395 pelanggan.

Untuk kedatangan, Stasiun Purwokerto tercatat sebagai stasiun dengan penumpang terbanyak yang turun, yaitu 4.343 orang, disusul oleh Stasiun Kutoarjo (2.326 penumpang), dan Stasiun Kroya (1.598 penumpang). Feni menambahkan bahwa puncak keberangkatan gelombang kedua diperkirakan akan terjadi pada 29 Desember 2024.

"Saat ini, sudah ada 12.352 tempat duduk yang telah dipesan untuk tanggal tersebut. Namun, angka ini masih terus dinamis karena pemesanan tiket terus berjalan," jelasnya.

Selain meningkatkan kapasitas pelayanan, KAI Daop 5 Purwokerto juga berkomitmen pada keberlanjutan lingkungan. Sebagai bagian dari upaya mendukung pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), KAI menyediakan fasilitas water station di tiga stasiun utama: Purwokerto, Kutoarjo, dan Kroya.

Fasilitas ini bertujuan untuk mengurangi konsumsi air kemasan sekali pakai dan mengedukasi masyarakat untuk membawa tumbler atau botol minuman sendiri selama perjalanan.

Dengan berbagai inovasi ini, KAI berharap dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan selama masa Angkutan Nataru, sekaligus berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.(Dens)

Tag: #Angkutan Nataru 2024 #KAI Daop 5 Purwokerto #Kereta Api Nataru #Tiket Kereta Nataru #SDGs KAI