Home Jalan-jalan Menparekraf Canangkan #TorajaPariwisataBangkit

Menparekraf Canangkan #TorajaPariwisataBangkit

0
SHARE
Menparekraf Canangkan #TorajaPariwisataBangkit

Jakarta, BIZNEWS.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, bersama pemerintah daerah Sulawesi Selatan dan sejumlah stakeholder terkait mencanangkan #TorajaPariwisataBangkit sebagai upaya dan komitmen bersama untuk memulihkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Toraja dan Sulawesi Selatan pada umumnya dengan mengedepankan tiga pilar utama yakni adaptasi, inovasi, dan kolaborasi.

Pencanangan #TorajaPariwisataBangkit dilakukan di puncak acara "Toraja and Beyond Tourism Week", Minggu (3/10/2021) di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta. "Toraja and Beyond Tourism Week" yang berlangsung sejak 30 September lalu merupakan hasil kerja sama antara Kemenparekraf, Pemprov DKI Jakarta, MRT Jakarta, Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan, serta Toraja Tourism Board, untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Sulawesi Selatan, khususnya Toraja.

“Mari terus berkarya, berkontribusi dan berprestasi dengan semangat 3G yaitu ‘gercep’ gerak cepat, ‘geber’ gerak bersama, dan ‘gaspol’ garap semua potensi agar membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” kata Menparekraf Sandiaga Uno seperti dikutip kemenparekraf.go.id.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang; Direktur Utama PT. MRT Jakarta, William Sabandar; serta Ketua Umum Toraja Tourism Board, Panca R. Sarungu.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, Toraja merupakan salah satu ikon pariwisata Indonesia. Kekayaan alam, budaya serta produk ekonomi kreatifnya menjadikan Toraja menjadi destinasi favorit wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara.
Namun, sama seperti destinasi lain di tanah air, pandemi COVID-19 memberikan dampak yang cukup besar bagi pariwisata dan ekonomi kreatif di Toraja.

“Toraja memiliki produk ekonomi kreatif berkelas dunia yaitu kopi dan juga tenun. Selain itu, juga ada seni pertunjukkan dan wisata religi. Jadi menurut saya Toraja ini sangat lengkap sebagai satu destinasi yang patut dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan nusantara maupun mancanegara,” kata Menparekraf.

"Toraja and Beyond Tourism Week" sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara menuju Pesta Kesenian Toraja yang akan diadakan pada tanggal 17 hingga 23 Oktober mendatang.

Kegiatan ini merupakan mini eksibisi yang menghadirkan UMKM khas daerah Toraja, promosi paket wisata, serta menghadirkan berbagai seni tari dan kebudayaan khas. Para pengunjung juga berkesempatan melihat langsung proses menenun dari komunitas UMKM.

Apresiasi MRT Business Space

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno juga berkesempatan untuk menghadiri peresmian MRT Business Space di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat.

MRT Business Space ini merupakan hasil kerja sama antara vOffice dengan MRT Jakarta, sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat untuk bisa bekerja di mana saja dan kapan saja. Berbagai layanan pun dihadirkan untuk pengguna MRT, mulai dari working space, ruang rapat, hingga podcast atau streaming studio.

“Harapannya MRT Business Space ini dapat menjadi bagian dalam penguatan perekonomian di tanah air. Dan dapat menjadi wadah bagi insan kreatif dalam berkarya,” kata Menparekraf Sandiaga.