Home Jalan-jalan H+3 Lebaran Penumpang Whoosh Masih Ramai, Diperkirakan Lebih dari 20 Ribu

H+3 Lebaran Penumpang Whoosh Masih Ramai, Diperkirakan Lebih dari 20 Ribu

Kereta Cepat Whoosh

0
SHARE
H+3 Lebaran Penumpang Whoosh Masih Ramai, Diperkirakan Lebih dari 20 Ribu

Keterangan Gambar : Antrean masyarakat yang hendak menggunakan KC Whoosh pada libur Lebaran di Stasiun Halim Jakarta.(Foto Humas KCIC)

Biznews.id - Jakarta - Moda transportasi tercanggih di Tanah Air, Kereta Cepat Whoosh menjadi angkutan favorit masyarakat pada momen libur Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024 ini. Volume penumpang KC Whoosh relasi Jakarta - Bandung dan sebaliknya, meningkat signifikan dari hari biasa lantaran banyak masyarakat yang bersilaturahi keluarga dan juga berwisata.

Pada Minggu 14 April 2024 atau H+3 Lebaran, KCIC memperkirakan volume akan mencapai lebih dari 20 ribu. Dari jumlah tersebut lonjakan penumpang terjadi untuk relasi Tegalluar-Halim ataupun Padalarang-Halim.

"Tanggal 14 April 2024 merupakan weekend terakhir sebelum cuti bersama Idul Fitri usai pada 15 April 2024. Hal itu diprediksi akan membuat adanya lonjakan pergerakan penumpang untuk kembali ke Jakarta pada Minggu, 14 April 2024," jelas General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam siaran persnya, Minggu (14/4).

Eva mengatakan pergerakan dan peningkatan penumpang mulai terlihat melalui data pemesanan tiket, pada pukul 12 siang pemesanan tiket untuk keberangkatan hari Minggu sudah mencapai angka 19 ribu.

Diprediksi puncak arus balik Kereta Cepat Whoosh akan mulai terjadi pada Minggu 14 April 2024. Pada momen arus balik ini jumlah penumpang Whoosh dapat melebihi angka 20 ribu. Hal tersebut dikarenakan penjualan masih terus berlangsung dan diprediksi penumpang yang akan membeli secara online dan offline pada hari H Lebaran masih tinggi.

"Keberangkatan penumpang didominasi berangkat dari Stasiun Bandung dan menggunakan KA Feeder ke Stasiun Padalarang. Tidak sedikit pula penumpang yang memilih keberangkatan langsung dari Stasiun Padalarang dan Tegalluar," kata Eva.

Adapun jam-jam favorit penumpang pada puncak arus balik ini adalah mulai jam 13.00 WIB hingga pukul 20.30 WIB dengan okupansi di atas 90%. Untuk perjalanan di luar jam tersebut okupansinya sudah berada di 75%.

Untuk mengantisipasi tingginya minat masyarakat ini, KCIC sudah melakukan penambahan perjalanan Whoosh sebanyak 30% menjadi 52 perjalanan per hari hingga 18 April 2024.

KCIC mengimbau kepada penumpang untuk memperhitungkan waktu perjalanan menuju area stasiun Kereta Cepat agar tidak tertinggal kereta khususnya untuk keberangkatan dari Tegalluar dan Padalarang. Penumpang juga disarankan untuk hadir setidaknya 30 menit sebelum keberangkatan untuk mengantisipasi tertinggal kereta Whoosh ataupun kereta feeder. Hal tersebut dikarenakan Gate Whoosh dan KA feeder ditutup 5 menit sebelum keberangkatan.(Dens)