Home Nasional Chrisye Rende Siapkan 5000 M2 Perluasan Kuburan Leilem Dua

Chrisye Rende Siapkan 5000 M2 Perluasan Kuburan Leilem Dua

0
SHARE
Chrisye Rende Siapkan 5000 M2  Perluasan Kuburan Leilem Dua

Leilem Dua, BIZNEWS.ID - Persoalan kemasyarakatan cukup mendasar dihadapi desa Leilem Dua. Masalah tersebut adalah semakin terbatasnya lahan pemakaman atau taman pekuburan milik desa. Selama ini pekuburan desa merupakan gabungan atau milik tiga yaitu Desa Leilem, Leilem Dua dan Leilem Tiga. Lahan itu terletak di desa Leilem.


Jumlah warga tiga desa ini berkisar 2,000 jiwa. Warga Leilem Dua adalah sepertiganya. Chrisye Rende punya solusi mengatasi permasalahan pekuburan. "Kami telah menyiapkan lahan seluas 5000 meter persegi, guna perluasan lahan pekuburan desa Leilem Dua," ujarnya Sabtu (21/5/2022).


Isye, panggilan akrab Chrisye Rende merupakan peserta pemilihan Hukum Tua (Pilhut) di desa Leilem Dua pada 31 Mei 2022. Pemilihan Hukum Tua  Desa Leilem Dua, Kecamatan Sonder menjadi salah satu desa pelaksana Pilhut di Kabupaten Minahasa. Terdapat 98 desa di kabupaten Minahasa yang melakukan Pilhut tahun 2022.  Pilhut  mengalami penundaan setahun akibat Pandemi Covid-19. 


5000 Meter Persegi


Chrisye Rende menegaskan, pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 5000 meter persegi buat perluasan lahan pekuburan rakyat. Lahan itu akan dimanfaatkan oleh warga Leilem Dua. "Jika Tuhan berkenan dan masyarakat memilih saya sebagai Hukum Tua di Leilem Dua, kami telah siapkan lahan seluas 5000 meter persegi," kata Isye Rende.


Program Perluasan Lahan Pekuburan Leilem Dua tersebut menjadi Program Unggulan Isye Rende. Selain Program Perluasan Lahan Pekuburan Desa Leilem Dua, Isye memiliki beragam progran lainnya.


Mengusung moto perjuangan CERDAS BERSAMA, Isye menawarkan program bagus, yang tujuannya demi peningkatan kesejahteraan warga desa Leilem Dua. Salah satunya adalah optimalisasi penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa dari pemerintah. "Sebagian besar dana desa yang diberikan pemerintah pusat ke desa kita, akan ditujukan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat," jelas istri dari Yerry Kilala itu.


Visi dan Misi

Chrisye Rende mengusung Visi: 

"Terwujudnya Desa Leilem Dua yang CERDAS BERSAMA" (Berbudaya, Sejahtera & Mandiri)


Dengan Visi itu, Isye bertekad membangun  desa Leilem Dua secara tulus hati. Isye menjabarkan Visinya menjadi beberapa Misi. 


Pertama, Isye mengupayakan agar rakyat  Leilem Dua cerdas memelihara budaya luhur mapalus; 


Kedua, mengupayakan kegiatan masyarakat yang hebat di bidang ekonomi. Yaitu melalui sektor Pertanian Perindustrian dan Pariwisata. "Dengan begitu, rakyat Leilem Dua semakin sejahtera dan mandiri," kata Isye 


Implementasi visi dan misi secara CERDAS BERSAMA itu, Isye memiliki beragam program kerja menuju desa Leilem Dua yang maju, mandiri dan sejahtera.


Program Bidang Pemerintahan 


Isye bertekad meningkatkan kapabilitas aparatur desa; Isye juga mengupayakan  jalinan hubungan  kerjasama dengan desa tetangga yaitu Desa Leilem dan Leilem Tiga; Tekad bulat Isye yaitu menjalankan amanah dan kepercayaan masyarakat secara cerdas, jujur dan bertanggung jawab.


Bidang Pembangunan


Untuk mewujudkan pembangunan desa Leilem Dua, Isye melakukan optimalisasi Dana Desa, "optimalisasi itu untuk  kesejahteraan masyarakat dan penataan Infrastruktur desa Leilem Dua".


Hal mendesak, yang Isye segera lakukan  yaitu percepatan penyelesaian pembangunan Balai Desa Leilem Dua; Perempuan cekatan ini mendukung penuh program Kabupaten Minahasa.


Isye akan mengembangkan  Potensi Destinasi Wisata Bukit Lengkoan, Tember dan kawasan Wowis, sehingga layak dijadikan obyek wisata unggulan. "Kami  memperjuangkan Leilem Dua menjadi Desa Wisata Unggulan di Kabupaten Minahasa. Ini sejalan dengan keinginan warga Leilem Raya," jelas Isye.


Program Agro Politan PAKAKAAN yang digagas ulang Bupati Minahasa Royke Roring, dimana Leilem Dua di dalamnya, juga didukung penuh oleh Isye Rende.


Lahan Pekuburan


Guna mengatasi terbatasnya lahan penakaman, Isye telah menyediakan lahan seluas 5000 meter persegi. 

Ini  sebagai perluasan Lahan Pekuburan milik desa Leilem Dua. "Kami hibahkan lahan gratis.  Luasannya sekitar 5000 meter persegi. Kami akan buat  penataan Taman Pekuburan dan sistem pemakaman yang bagus dan rapih, ketika lahan ini mulai dimanfaatkan,"  janji Isye 


Lahan 5000 meter persegi itu, nyata, sudah ada dan siap dimanfaatkan oleh warga Leilem Dua.


Bidang Kemasyarakatan


Dalam bidang ini, Isye berupaya meningkatkan partisipasi warga  demi menjaga keamanan, ketertiban  dan kenyamanan rakyat; Isye akan memupuk solidaritas antar warga masyarakat desa Leilem Dua, demi memelihara Adat dan Budaya Desa;


Isye peduli dengan kaum  milenial. Mengapa? Sebab, merekalah pemilik masa depan Leilem Dua. Untuk itu, Isye sangat memperhatikan kegiatan Pembinaan Pemuda di bidang seni budaya serta olahraga. "Antara lain, kami menopang bangkitnya Klub Prima Kencana Leilem," tegas Isye.


Dalam rangka kesetaraan gender, Isye punya kegiatan nyata bagi  Pembinaan Organisasi Perempuan di desa Leilem Dua. 


Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat


Untuk mengembangkan potensi masyarakat di Bidang Ekonomi, Isye akan optimalkan fungsi Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes. "Tujuan utama optimalisasi Bumdes yaitu demi kesejahteraan masyarakat Leilem Dua," kata Isye, bendahara desa Leilem Dua itu.


Isye juga bertekad mengembangkan potensi perempuan di sektor wirausaha dalam bentuk pelatihan beragam ketrampilan. "Ini penting, supaya perempuan di Leiilem Dua, dapat menopang ekonomi keluarganya," tukas Isye.


Bidang Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat


Isye bertekad, setiap aparat desa harus dibekali kemampuan mengantisipasi terjadinya bencana alam; Selain itu, demi kelestarian dan kebersihan lingkungan, secara berkala akan melakukan pembersihan lingkungan desa Leilem Dua.


Tak kalah pentingnya, desa harus mampu mengantisipasi terjadinya bencana kemanusiaan seperti wabah virus dan bakteri penyakit. "Maka, secara berkala kami mengundang ahli kesehatan, memberikan penyuluhan ke masyarakat.  Pentingnya menjaga kesehatan," papar Isye.


Pemerintah desa Leilem Dua juga wajib mengajak masyarakat, secara sukarela  melakukan vaksin, guna mengatasi wabah penyakit apapun.


Lima Kandidat


Selain Chrisye Rende (nomor urut Tiga) terdapat empat calon lainnya yang siap menang dan siap kalah dalam pesta demokrasi di Desa Leilem Dua. Hari "H" Pilhut Leilem Dua (serentak dengan desa lainnya di Minahasa) digelar pada 31 Mei 2022


Dalam kontestasi ini Isye, anak mantan Hukum Tua Desa Leilem Raya Periode 2000-2007 Jack Rende, tetap menjalin hubungan baik dengan kandidat  lain. "Semua calon adalah kawan dan keluarga. Saya berharap Pesta Demokrasi di Leilem Dua berjalan aman dan damai," harap Isye.


Atas keikuertannya dalam Pilhut 2022, Isye memohon doa restu serta dukungan seluruh masyarakat Desa Leilem Dua.